Anak Benteng Hilir Juara Pertama Lomba Berpantun Tingkat Nasional

Anak Benteng Hilir Juara Pertama Lomba Berpantun Tingkat Nasional

SIAK - Bisa meraih Juara 1 Lomba Berpantun pada Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019 SMP tingkat nasional pada bulan Juli yang lalu, menjadi kebahagian tersendiri bagi Novi Zulia Fitri. Dia tidak menyangka bisa meraih penghargaan yang luar biasa pada ajang bergengsi di bidang literasi ini.

"Alhamdulillah saya sangat terharu dan bangga sebagai orang Siak, bisa mengharumkan nama provinsi Riau di tingkat nasional. Ini persembahan dari saya untuk Ulang Tahun Kabupaten Siak," ujarnya kepada Humas Siak, Ahad (13/10/2019).

Apa yang telah dia capai merupakan buah dari usaha keras selama ini. Dan tentunya ini juga merupakan karunia Allah SWT, serta bimbingan dari orang tua dan guru yang harus disyukuri.

Siswi kelas 9 dari SMP Negeri 1 Mempura, Prov. Riau ini menceritakan awal mengikuti seleksi lomba tersebut lewat online. Dirinya disuruh untuk mengubah pernyataan yang di kirim menjadi pertanyaan.

Gadis yang hobi main basket dan suka makan ayam goreng itu, kemudian disuruh untuk memilih judul pantun melalui cabut undi, yang akan ditanyakan kepada finalis pantun lainnya.

"Rasa-rasanya gak percaya bisa masuk kedalam 10 besar, Dan esok harinya kami disuruh membuat pantun dengan 5 judul yaitu tentang kesehatan, ekonomi, pendidikan, kebudayaan, dan teknologi," ungkap gadis anak pasangan dari Zulfen Effendi dan Jamaliah ini.

Kemudian lanjut dia, semua itu dibuat dalam 5 buah pertanyaan dan 5 buah pernyataan dan diberikan kepada juri. Kemudian peserta disuruh mencabut undian judul lagi, dan membacakan pantun yang telah dibuat tadi.

Akhirnya pada malam penutupan, diumumkan para peserta yang menjadi juara dalam 5 bidang lomba, yaitu Lomba Berpantun, Mencipta Puisi, Mencipta Cerpen, Menulis Esai dan Story Telling.

"Alhamdulillah nama saya disebut pertama kali, Juara 1 untuk cabang Berpantun. Tentunya bangga bisa bersaing dengan seluruh teman-teman pelajar se Indonesia," tutur gadis dari Benteng Hilir ini.

Ditemui usai Upacara HUT Kabupaten Siak Rasidah Alfedri, selaku Bunda Literasi Kabupaten Siak menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang dicapai oleh anak-anak Kabupaten Siak, khususnya Novi Zulia Fitri juara 1 kategori Berpantun, pada Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019 SMP tingkat nasional.

"Selamat kepada ananda Novi, bisa mengharumkan nama Kabupaten Siak. Teruslah belajar, semoga ananda mampu meraih cita-citanya," ucap Istri Bupati Siak ini.

Ia berharap generasi millenial yang lahir diera teknologi, menjadikan literasi salah satu hal penting. Selain itu adanya pendidikan literasi yang baik, generasi muda tidak terlena akan kemudahan teknologi

Ditambahkannya, membaca dan budaya literasi bisa menjadi solusi dalam pembentukan karakter generasi muda terbaik bangsa. Terlebih lagi, gempuran teknologi saat ini tak bisa diabaikan, karena telah membuat anak-anak lebih tertarik bermain gadget daripada membaca dan menulis buku.

Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019 SMP tersebut sukses diselenggarakan di Hotel El Royale Kelapa Gading, Jakarta, 25-29 Juli 2019. FLS 2019 jenjang SMP ini diikuti oleh 166 siswa siswi terbaik dalam bidang literasi dari 34 Provinsi.

[Humas Protokol Siak]

#Pemkab Siak

Index

Berita Lainnya

Index