• Follow Us On : 

Perdana Digelar, Festival Pesona Barulak 2022 Sukses Besar


Redaksi | Selasa,27 September 2022 - 17:13:54 WIB
Dibaca: 272 kali 
Perdana Digelar, Festival Pesona Barulak 2022 Sukses Besar Suasana Festival Pesona Barulak 2022. (Dok. Ladofadoredo)

TANAH DATAR -- Pemuda-pemudi Nagari Barulak, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat sukses besar menyelenggarakan Festival Pesona Barulak yang perdana digelar pada 24 - 26 September 2022. Berbagai pertunjukan seni dan budaya mendapat sambutan hangat dari penduduk setempat dan pengunjung yang berdatangan dari berbagai daerah lainnya.

Festival Pesona Barulak 2022 dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, S.E., MM. Acara pembukaan tersebut turut dihadiri oleh Ketua PKK, MUSPIDA, Kepala OPD, Anggota DPRD, Camat se-Tanah Datar, tokoh masyarakat, niniak mamak, alim ulama, dan cadiak pandai se-Kabupaten Tanah Datar.

Pembukaan Festival Pesona Barulak 2022 digelar di Pusat Pemerintahan Nagari Pokan Sotu, dimeriahkan oleh 30 penari yang mempertunjukkan Tari Galombang. Uniknya, pembukaan Festival Pesona Barulak 2022 turut ditandai dengan menghidupkan tungku Pongek Lapuak oleh Bupati Tanah Datar, serta dilanjutkan dengan Tari Sangkak Buruang yang merupakan 2 produk ekonomi kreatif ikonik dari Nagari Barulak.

"Saya sangat mengapresiasi festival ini, karena mampu dilaksanakan dengan baik dan sangat gebyar oleh masyarakat Barulak, dan saya sangat mendukung penuh jika memang niat Pemerintah Nagari Barulak untuk menjadikan Nagari Pongek Lapuak sebagai salah satu produk kuliner unggulan dari Nagari Barulak. Semoga nantinya dapat menggerakan perekonomian masyarakat lokal lebih baik serta menjadi salah satu daya tarik wisata baru bagi para turis untuk ke depannya," kata Eka Putra saat menyampaikan pidatonya.

Selain meresmikan acara festival tersebut, Eka Putra dan rombongan juga mengunjungi Jorong Koto Nan Tuo. Di sana, Eka Putra menandatangani prasasti dan pengembalian sejarah dengan peletakan Batu Balai Barundiang yang telah lama hilang sebagai tempat asal muasal Nagari Barulak tersebut.

"Kami berharap, dengan pengembalian sejarah Batu Balai Barundiang, sejarah Barulak akan kembali kepada identitas aslinya. Semoga Pemda Tanah Datar melalui KADISPAR dapat menjadikan objek bersejarah ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Tanah Datar secara resmi," kata Datuak Suku Barulak H.IR. Dt. Paduko Sinaro.

Festival Pesona Barulak 2022 juga menggelar berbagai kegiatan lainnya, seperti; Pawai Adat Sepanjang Hayat, Pawai Pangek Lapuak, Tari Sangkak Buruang, Festival Randai 3 Luak, Barulak Bakareta Santai, Pentas Seni Nagari Barulak, Saluang Oyak, KIM, dan lain sebagainya.

Selain itu, Festival Pesona Barulak 2022 makin meriah dengan kehadiran Sumbar Talenta Indonesia sebagai Organisasi Seni Sumatera Barat yang baru saja kembali dari Jerman dan Belanda usai membawa nama baik Indonesia di panggung seni dunia di Eropa. Salah seorang personal Sumbar Talenta Indonesia merupakan anak Nagari Barulak.

Selama berlangsung, Festival Pesona Barulak 2022 dipandu secara eksklusif oleh Fedri Ramadhan, Presenter TVRI Jakarta Yang merupakan putra daerah Koto Nan Tuo, Nagari Barulak, dan berkolaborasi dengan Rina Permata Sari, Master Edukasi yang merupakan pemudi asal Barulak.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana F. Dt. Mangiang Sati menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah atas dukungan dan menjadikan Nagari Barulak salah dari 14 Nagari yang melaksanakan Progul Satu Nagari Satu Event Tahun 2022.

“Atas nama masyarakat, saya menyampaikan ucapan dan ungkapan terimakasih kepada Pemda atas kepercayaannya. Dan tentunya support dari berbagai pihak yang luar biasa, termasuk perantau Barulak dimanapun berada. Ini menjadi sejarah bagi Nagari Barulak, karena baru kali ini menyelenggarakan event sebesar ini, dan tidak kami sangka-angka perputaran uang mencapai 1 Miliar Rupiah selama event berlangsung. Harapan kami, festival ini akan menjadi kalender event tahunan, pada tanggal 24 - 26 September setiap tahunnya."

Menurut data panitia, Festival Pesona Barulak 2022 dihadiri oleh lebih dari 2.000 pengunjung. Festival tersebut berakhir makin meriah oleh permainan KIM pada malam penutupannya.

Penulis : Muhammad Fadhli


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Senin,22 Februari 2021

Prima Founder Records Produksi Full Album AM Kuncoro dan Single Perdana Bea Serendy serta Rojanah dalam Seminggu

YOGYAKARTA - Prima Founder Records mengukir sejarah baru di dunia musik Indonesia. Dalam waktu satu

Selasa,21 April 2020

Menzeel Juara Nasyid Asia Tenggara Rilis Singel Perdana Ramadhan Mulia

PADANG - Ramadhan 1441 H menjadi saat spesial bagi Menzeel grup vokal asal Kota Banda Aceh, karena j

Rabu,31 Agustus 2022

Pipil Gadis Cilik Multitalenta Rilis Single Perdana Pipil Bestie

JAKARTA - Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit, agar bila terjatuh sekalipun, kau tetap dapat m

Kamis,29 Agustus 2019

Theo Erlangga Rilis Singel Perdana Postinganmu

JAKARTA - Theo Erlangga adalah seorang penyanyi pendatang baru, yang baru berusia 19 tahun. Sejak ke

Jumat,21 Mei 2021

Alex Yunggun Produseri Sendiri Single Solo Perdananya Painting of Beauty

YOGYAKARTA - Alex Yunggun, remaja berusia 16 tahun asal Kota Yogyakarta punya selera dan imajinasi u

Senin,28 September 2020

U Give Me Love Jadi Single Perdana Alex dan Bea Masuk Industri Musik

YOGYAKARTA - Trend musik mancanegara mempengaruhi perkembangan musik di Tanahair dari dahulunya. Saa

BERITA LAINNYA
Kamis,24 November 2022

Kalahkan Bali 11-1, Tim Futsal PWI Riau Lolos Semi Final Porwanas XIII 2022

MALANG - Tim futsal PWI Riau U-40 cukur Bali 11-1 pada babak perempat final Pekan Olahraga Wartawan

Kamis,24 November 2022

Bulu Tangkis Riau Raih Medali Perunggu di Porwanas XIII

MALANG - Tim bulu tangkis beregu Riau berhasil menyabet medali perunggu pada Pekan Olahraga Wartawan

Kamis,24 November 2022

Porwanas XIII di Malang, Cabor Bridge Sumbang Medali Perunggu untuk PWI Riau

MALANG - Tim bridge beregu sumbang medali perunggu untuk Kontingen PWI Riau pada Pekan Olahraga Wart

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI