Parsahutaon Dormauli Bukit Batrem Gelar Pesta Ujung Tahun 2022

Parsahutaon Dormauli Bukit Batrem Gelar Pesta Ujung Tahun 2022

DUMAI — Sudah jadi kebiasaan masyarakat etnis Batak, baik di Kampung Halaman maupun di perantauan untuk selalu membentuk "Parsahutaon". Parsahutaon adalah kumpulan masyarakat Batak sekian KK di suatu daerah atau lingkungan tempat tinggal.

Tujuan pembentukan Parsahutaon adalah untuk melakukan kegiatan adat istiadat dan sosial, baik sukacita maupun dukacita.

Dan lazimnya di akhir tahun mereka akan mengadakan pesta syukuran, sebagai tanda ucapan terimakasih kepada Tuhan YME, bahwa hingga akhir tahun semua anggota bisa melewati tahun tersebut dalam keadaan sehat waalfiat tanpa kekurangan suatu apapun.

Pesta Syukuran Ujung Tahun atau Ujung Taon biasanya diadakan di rumah kediaman anggota atau gedung yang telah di booking sebelumnya.

Perlu diketahui, Pesta Syukuran Ujung Taon Parsahutaon Dormauli II⁵ Kelurahan Bukit Batrem Kecamatan Dumai Timur telah 3 tahun tidak dilakukan, karena faktor Pandemi Covid-19. Jadi bisa dibayangkan, bagaimana sukacitanya Parsahutaon Dormauli kali ini untuk melakukan pesta tersebut.

Minggu (11/12/2022) subuh 05.00 WIB, Parsahutaon Dormauli (II⁵) adakan persiapan untuk pesta syukuran akhir tahun. Persiapan tersebut berupa marhobas atau biasa disebut rewang. Rencananya, Minggu tengah hari pesta syukuran akan diadakan, sekalian ibadah.

Ketua Parsahutaon Dormauli (II⁵) adalah D Simanjuntak, Sekretaris J Hasibuan dan Bendahara D Marbun. Dan kali ini Marhobas atau Rewang sekaligus Pesta Syukuran diadakan di Jln Utama Karya Gg Damai, tepatnya di Halaman Rumah Kediaman Ihut Hutabarat Boru Aritonang atau Pak Brian.

Tampak beberapa bapak-bapak dan ibu-ibu lakukan tugas yang telah di amanahkan kepada nya, sesuai hasil rapat beberapa hari sebelumnya. Ketua Marhobas kali ini dipercayakan kepada Bapak Situmorang.

Kaum ibu bertugas membersihkan, memotong dan memasak sayuran serta menyiapkan sarapan pagi. Sementara kaum bapak-bapak bertugas memasak nasi dan memasak daging. Tampak suasana akrab penuh kekeluargaan saat rewang.

Sesuai jadwal, Minggu siangnya, seusai waktu Ibadah Gereja, Pesta Syukuran Ujung Taon 2022 akan dilangsungkan. (es)

#Festival Budaya

Index

Berita Lainnya

Index