Pokdakan Mina Jaya Terima Fasilitasi Bantuan Pendanaan dan Kemitraan Usaha

Pokdakan Mina Jaya Terima Fasilitasi Bantuan Pendanaan dan Kemitraan Usaha

DUMAI — Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Jaya yang berada di RT 28 Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan, Jumat sore (16/12/2022) di kunjungi Penyuluh Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Lidia Kristina br Simamora, S.Pi., dan Tenaga Pendamping Teknis Dinas Perikanan Kota Dumai Hamidah Dasno Vera, S.Pi.

Kunjungan penyuluh dan tenaga pendamping teknis tersebut untuk melihat langsung sampai sejauh mana "Fasilitas Bantuan Pendanaan dan Kemitraan Usaha" yang telah di terima Pokdakan Mina Jaya.

Diketahui Pokdakan Mina Jaya telah menerima fasilitas bantuan pendanaan dan kemitraan usaha sebesar Rp 29.562.500, pada 7 Desember lalu. Pokdakan Mina Jaya merupakan 1 dari 16 Kelompok Usaha yang menerima Fasilitas Bantuan Pendanaan dan Kemitraan Usaha dari Kementerian.

"Fasilitas bantuan guna mengurangi dampak inflasi karena kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu," ujar penyuluh Lidia Kristina br Simamora di dampingi penyuluh Hamidah Dasno Vera.

Pokdakan Mina Jaya merupakan Pokdakan yang terdaftar dan disahkan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Dumai. Nomor registrasi pendaftaran No: 523/77/Diskan, pada tanggal 30 Maret 2022. Sementara nomor registrasi di sahkan No: 523/84/Diskan, pada tanggal 4 April 2022. Kedua surat di tandatangani Kadis Mukhlis Suzantri.

Pokdakan Mina Jaya beranggotakan 8 orang, diketuai Cahya Priambada, Sekretaris M Rasyid Ridha dan Bendahara M Nasirul Fuad. Pokdakan Mina Jaya berada di bawah naungan Lurah Bukit Datuk dan sebagai Pengawas nya di percayakan kepada Aiptu Leo Quantes Lubis.

Disampaikan Ketua Pokdakan Mina Jaya Cahya Priambada kepada penyuluh tersebut, bahwa fasilitas bantuan pendanaan dan kemitraan usaha tersebut telah mereka kelola dengan mendatangkan pakan ternak dan bibit ikan lele.

"Fasilitas Bantuan Pendanaan kami gunakan menyediakan pakan, bibit dan peralatan. Ada 3 jenis pakan. Pertama pakan pf 1000 Matahari Sakti sebanyak 3 sak. Kedua, pakan Pokpan 781-1 sebanyak 6 sak dan pakan 781-2 sebanyak 45 sak. Bibit lele 20.000 ekor, ukuran panjang 4-6 Cm. Kerambah ukuran 3x4 Mtr sebanyak 10 lembar, kayu cerocok 20 batang dan peralatan lainnya," ujar Ketua Cahya Priambada di dampingi Pengawas Aiptu Leo Quantes Lubis dan Ketua RT 28.

Pantauan Jurnalis di lokasi, tampak 12 kerambah ikan berada di satu kolam dengan masing-masing kerambah berisi berbagai ukuran ikan lele.

"Kami Pokdakan Mina Jaya mengucapkan ribuan terimakasih kepada Kementerian Perikanan dan Kelautan serta Dinas Perikanan dan Kelautan yang telah mensupport usaha kami. Harapan kami semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi perkembangan usaha Pokdakan Mina Jaya," ucap Cahya Priambada di aminkan pengurus dan anggota lainnya.

"Semoga dengan stimulus ini usaha Pokdakan Mina Jaya bisa berhasil," tutup Lidia Kristina dan Hamidah. (ES)

#Pemko Dumai

Index

Berita Lainnya

Index