Bule Pengadang Mobil di Tol Bali Mandara Sempat Berontak

Bule Pengadang Mobil di Tol Bali Mandara Sempat Berontak
Tangkapan layar dok detiktravel

DENPASAR - Wisatawan Mancanegara (Wisman) kembali berulah, kali ini Bule di Bali diduga alami gangguan jiwa, ia mengahadang mobil yang lewat di jalan tol Bali Mandara

Turis tersebut menghadang mobil di jalan tol Bali Mandara. Bule itu sempat melawan petugas hingga membanting HT.

Polisi mengungkapkan warga negara asing (WNA) yang berjalan kaki dan mengadang mobil di Jalan Tol Bali Mandara sempat berontak, seperti dikutip dari detikTravel, Senin (17/07).

Bahkan, bule pria bertubuh jangkung itu sempat menolak naik mobil polisi dan membanting handy talkie (HT) yang dibawa petugas.

Kanit 6 Sat PJR Polda Bali Iptu Oktamawan mengungkapkan bule tersebut berontak. Bule itu berjalan masuk dari gerbang tol Benoa dan melawan arah ke jalur mobil menuju gerbang tol Nusa Dua.

Oktamawan bersama anggota polisi lainnya sempat mengejar sang bule.

"(Wajahnya) bule, betul. Dia di perjalanan itu ngoceh saja. Sambil jalan itu ngomel pakai bahasa Inggris," kata Oktamawan.

Oktamawan sempat putar balik karena harus masuk jalur melawan arus demi mengamankan bule yang diduga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) tersebut.

Saat personel PJR 6 masih menempuh jalan memutar, dua orang petugas Jasa Marga berjalan mendekati si bule tersebut.

"Kami samperin, dia nggak mau naik mobil. Kami antar, mau ke mana? Dia jawab no. Habis itu dia bilang, saya mau naik, tapi saya yang kemudikan," imbuh Oktamawan.

Karena bule itu melawan, petugas pun meringkus si bule dengan sedikit upaya paksa. Ketika itulah si bule terus berontak dan membanting HT salah seorang petugas Jasa Marga.

"Sempat dipegang tangannya sama anak Jasa Marga. Malah HT-nya (petugas) Jasa Marga diambil, dilempar. Ya, dibanting," imbuhnya.

Oktamawan mengatakan bule tersebut akhirnya diamankan setelah keluar tol di pertigaan Nusa Dua. Menurutnya, bule itu kini sudah diserahkan kepada Dinas Sosial Badung.

"Informasi dari Jasa Marga, sudah menghubungi Dinas Sosial. Cuma, tindak lanjutnya saya nggak ngerti. Kami sudah sampaikan (ke Dinas Sosial Badung)," kata Oktamawan.

Oktamawan mengaku belum sempat memeriksa identitas bule tersebut di lokasi kejadian. Ia menegaskan Sat PJR Polda Bali hanya fokus pada upaya pengawalan bule yang diduga ODGJ tersebut.

Sebelumnya, video WNA yang mengadang sejumlah mobil di Jalan Tol Bali Mandara viral di media sosial.

WNA itu mengenakan baju hitam dengan celana kain tipis berwarna putih. Ia masuk ke akses keluar tol di dekat Pelabuhan Benoa, Denpasar.

Manager Operation Maintenance PT Jasamarga Bali Tol I Putu Gandi Ginantra membenarkan aksi itu dilakukan pria WNA. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 17.00 Wita, Sabtu (15/7/2023).

Aksi pria itu tertangkap kamera pengendara lain yang kebetulan melintas. Video tersebut diunggah ulang oleh sejumlah akun di media sosial.

Menurut Gandi, petugas tol juga belum sempat mengecek identitas pria bule itu. Saat kejadian, tim dibantu PJR 6 dan kepolisian di kawasan Pelabuhan Benoa.

Ia menduga pria itu mengalami gangguan jiwa karena sulit merespons saat diajak bicara oleh petugas. "Kami belum tahu kelanjutannya," ungkap Gandi.***

Berita Lainnya

Index