Sudah 90 Persen, Persiapan MTQ XLI Tingkat Provinsi Riau di Inhu

Sudah 90 Persen, Persiapan MTQ XLI Tingkat Provinsi Riau di Inhu
Foto: Sudah 90 Persen, Persiapan MTQ XLI Tingkat Provinsi Riau di Inhu

PEKANBARU - Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XLI tingkat Provinsi Riau 2023 akan digelar mulai 11 November mendatang. Saat ini persiapan event tahunan tersebut sudah mencapai 90 persen.

Hal ini dilaporkan Asisten I Setdaprov Masrul Kasmy saat menjadi narasumber pada dialong interaktif Pekanbaru pagi ini "Menuju MTQ Provinsi Riau XLI 2023", Rabu (1/11/2023).

"Jadi terkait ini, kemarin kami bersama rombongan Pak Sekda melangsungkan pengecekan kondisi persiapan Astaka Utama yaitu di Danau Raja dan juga beberapa astaka dan tempat-tempat pelaksanaan," kata Masrul Kasmy.

"Alhamdulillah dilaporkan kondisinya pada saat pekan ini sudah 90 persen lebih dan Insya Allah juga akan ada proses untuk penyempurnaan di mana dari seluruh rangkaian banyak sekali lokasi-lokasi yang dipersiapkan," ucapnya.

Ia menjelaskan, lokasi yang pihaknya siapkan itu untuk perlombaan cabang tilawah golongan anak-anak, remaja, golongan dewasa dan golongan Qira'at Saba'ah itu di di Astaka Utama tepatnya di Danau Raja. Kemudian, untuk cabang-cabang lain juga ada menggunakan masjid, di Masjid Ar-Rahman Kampung Besar kota Rengat unfuk golongan Qira'at Murottal remaja dan dewasa.

Selain tu, untuk cabang tunanetra dan tartil akan dilaksanakan di Masjid Al-Ikhlas Jl Kampung Besar Kota Rengat. Kemudian, untuk golongan 1 juz dan 10 juz dilakukan di Masjid Al-Jihad Jalan Tugu Pematang Reba. Lalu, untuk golongan 5 juz dan 20 juz ini dilaksanakan di Masjid Kampung Al Mukhlisin, Kampung Dagang Kecamatan Rengat. Lalu, untuk cabang kaligrafi ini ada diadakan di Gedung Kesenian Jalan Jenderal Ahmad Yani dan cabang Fahmil Quran.

Selanjutnya, untuk karya tulis ilmiah Alquran ini dilaksanakan di Graha Wanita Jalan Hasanuddin Sekip Hilir, Rengat. Sedangkan untuk golongan hadis 100 dan 500 ini di Masjid Darussa'adah di Jl Azis Aris, Sikip Hulu Rengat. Untuk cabang Tafsir dan Injil 30 juz ini di Masjid Besar Ar-Rahim Jalan Sultan Ibrahim Kampung Besar kota Rengat. Kemudian, untuk cabang sartil Quran di Gedung Sejuta Sungkai.

"Jadi memang ini semua sudah dipersiapkan di seluruh tempat-tempat pelaksanaan cabang-cabang yang dilakukan. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi terkait kegiatan MTQ ini, bisa langsung mendatangi posko nya di Danau Raja Kota Rengat," jelas Masrul.

Pihaknya juga menyebutkan, terkait helat yang paling besar yaitu diawali dengan pawai pada 11 November 2023 pada 08.00 pagi. "Kemudian, ada Bazar yang insyaallah akan diresmikan oleh Pak Gubernur. Pada bazar ini juga menghadirkan banyak sekali stand dari kabupaten kota se-Riau, stand provinsi juga stand kecamatan di Kabupaten Inhu juga stand dari pihak swasta," sebutnya.

"Tentunya ini semua sangat memberikan semacam dorongan bagi perekonomian kerakyatan. Sebab, juga ikut serta dari daerah-daerah, ya alhamdulillah pesertanya cukup ramai, ada 758 peserta MTQ yang hadir," tambah Masrul.

Peserta MTQ yang hadir ini dengan rincian seperti berikut, dari Kampar itu ada 67 orang, Bengkalis 55 orang, Indragiri Hulu ada 69 orang, Indragiri Hilir ada 66 orang, Pelalawan 65 orang. Kemudian, dari Rokan Hilir 65 orang, Siak 69 orang, Kuantan Singingi 66 orang, Rokan Hulu 68 orang, Kepulauan Meranti 41 orang, Kota Dumai 65 orang dan kota Pekanbaru 66 orang.

"Jadi totalnya 758 ini belum termasuk dari penggembira, yang kami hitung dari panitia itu sekitar dua puluh ribuan ya. Karena, nanti mereka akan hadir pada saat helat Pawai Taru yaitu sekitar dua rumpun. Jadi cukup meriah dan semoga ini bisa diketahui oleh masyarakat Riau untuk bisa bersama-sama. Bagi yang punya waktu untuk mengunjungi ya di Astaka utama disitu ada informasi-informasi tentang seluruh rangkaian dan tempat-tempat yang tadi saya sampaikan" tandas Masrul.(mcr)

#Pemkab Inhu

Index

Berita Lainnya

Index