Kades Sanglar : BumDes Sanglar Telah Dibentuk

Kades Sanglar : BumDes Sanglar Telah Dibentuk

TEMBILAHAN (WAHANARIAU) - Pemerintah Desa Sanglar Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau mengakui Badan Usaha Milki Desa (BumDes) Sanglar masih berada ditahap pembentukan.

Hal ini dikatakan langsung oleh kepala Desa Sanglar Alfian T saat dikonfirmasi melalui sambungan seluluernya, Rabu (7/12).

"Sebelumnya memang ada rencana pembentukan BumDes, dan saat ini masih berproses," kata Kepala Desa Sanglar Alfian T.

Alfian mengatakan, BumDes telah dibentuk beberapa waktu dekat lalu, sdangkan unit-unit usaha BumDes belum berjalan.

"Alhamdulillah sudah kita bentuk, dan sudah diPerdeskan," kata dia.

Ia juga mengatakan, sebelum dibentuknya PemDes terlebih ahulu diberikan pemahaman kepada masyarakat terkait fungsi dan tujuan PemDes.

Karena memang pada dasarnya pembentukan BumDes adalah untuk mendorong perekonomian masyarakat desa.

Ia melanjutkan, dari beberapa unit yang dibentuk, hanya satu unit yang aktif dan pembentukan satu unit ini pula dikatakan dia memang sudah lama sekira tiga tahun yang lalu.

Satu unit BumDes ini ialah Usaha Ekonomi Daerah Simpan Pinjam (UED SP) yang bergerak dalam pemberdayaan perekonomian masyarakat khususnya perekonomian menengah kebawah.

Usaha ini pula beroperasi di kantor khusus UED SP, namun terkait kepemilikan kantor saat ini masih menyewa salah satu rumah warga.

Sedangkan unit-unti usaha BumDes lainnya yang belum aktif diantaranya Sarana LPG, Sarana produksi (Saprodi) Pertanian dan Warung Serba Ada (Waserda).



adv

#DMIJ

Index

Berita Lainnya

Index