Dumai Reading Club Berikan Nuansa Berbeda

Dumai Reading Club Berikan Nuansa Berbeda

DUMAI - Komunitas Membaca kota Dumai yang menamakan diri Dumai Reading Club (DRC) memberikan nuansa yang berbeda dari komunitas yang ada di kota Dumai. DRC mempunyai visi untuk membangkitkan minat membaca bagi generasi muda kota Dumai.

Demikian diungkapkan koordinator DRC, Mayonal Putra. Menurutnya, DRC merupakan komunitas yang sengaja digagas untuk memancing gairah membaca generasi muda. "Dumai Reading Club juga bertujuan untuk mengasah kemampuan anggota (member) dalam mempertajam bacaan," ucapnya.

Dalam menjalankan aktivitas DRC, sambung penulis di Kompas Grup ini, pihaknya tidak membebankan pada pemerintah maupun swasta. "Kita juga tidak akan membuat proposal untuk kelangsungan DRC," terangnya sembari mengatakan bahwa member dipersila membawa buku bacaan apa saja yang dimiliki

Untuk pertama kalinya, jelas Mayonal, aktivitas membaca dilaksanakan di pusat kegiatan Bandar Bakau di jalan Nelayan, kecamatan Dumai Barat. Selanjutnya, kegiatan digelar di taman Bukit Gelanggang. "Alhamdulillah, keberadaan DRC cukup diminati generasi Dumai. Jumlah anggota mengalami peningkatan setiap pertemuan," tuturnya.

Pantauan WahanaRiau di taman Bukit Gelanggang, Sabtu (1/11) kemarin, terlihat sejumlah pemuda yang terdiri dari berbagai kalangan membentuk formasi lingkaran penuh.  Mereka (anggota DRC) sedang membaca buku, masing-masing member membaca buku yang berbeda.

Kelompok yang terdiri dari berbagai kalangan ini, di antaranya wartawan, guru, pelajar SLTA, bahkan pekerja di perusahaan swasta, mendiskusikan bacaan yang mereka baca. Diskusi yang dilakukan juga terarah, dimana mereka (DRC) menunjuk salah seorang member sebagai moderator. (Nov)

Berita Lainnya

Index