Dicatut Saracen, Wartawan Pekanbaru Bakal Lapor Polisi

Dicatut Saracen, Wartawan Pekanbaru Bakal Lapor Polisi

PEKANBARU (Wahanariau) - Wartawan di Pekanbaru, Zukri Subayang, akan melaporkan kasus pencatutan namanya oleh penyedia jasa konten kebencian, saracen, ke polisi.

Nama Zukri disebut dalam susunan keredaksian portal berita milik Saracen, www.saracennews.com, sebagai reporter yang bertugas di Riau.

"Saya berencana lapor polisi atas pencatutan nama ini. Saya ingin nama saya dibersihkan," kata Zukri Subayang, kepada Tempo, ihwal namanya yang masuk susunan redaksi media online milik saracen, Rabu (23/8/2017).

Pria yang sehari-hari bekerja di salah satu media online di Pekanbaru ini merasa dirugikan dengan pencatutan itu. Terlebih dia dikait-kaitkan dengan portal berita milik kelompok Saracen.

Zukri mengatakan sama sekali tidak pernah mengenal Pemimpin Redaksi Saracen Jasriadi. "Saya baru dengar ada portal berita Saracen, saya tidak kenal Jasriadi," ujarnya.

Rabu kemarin, Bareskrim Mabes Polri mengungkap penangkapan tiga anggota sindikat Saracen. Ketiganya diduga sebagai kelompok yang menerima pemesanan untuk menyebarkan kebencian dengan motif ekonomi. Sumber pemasukan Saracen di antaranya dari iklan di portal berita Saracennews.

Saracen menjadikan konten kebencian sebagai ladang bisnis. Mereka menerima pemesanan dari pihak atau ormas tertentu untuk konten kebencian. Namun ada pula inisiatif mereka sendiri untuk menyebarkannya. (Tempo)

Berita Lainnya

Index