Perlu Diacungi Jempol, Pertamina Bangun Ketahanan Energi Berkelanjutan

Perlu Diacungi Jempol, Pertamina Bangun Ketahanan Energi Berkelanjutan

PEKANBARU - Upaya Direktorat Hulu PT Pertamina (Persero) untuk membangun ketahanan energi berkelanjutan nasional kedepan perlu diacungin jempol.

Tantangan besar terutama pada sektor Minyak dan gas (Migas) yang merupakan sumber daya yang tidak terbarukan, dimana butuh ratusan tahun untuk pembentukannya sebab terbuat dari fosil mahluk hidup yang sudah mengalami perubahan alam.

Kondisi ini membuat produksi terus menurun diperparah lagi dengan penurunan harga minyak mentah dunia yang pada akhirnya berpengaruh pada pendapatan Negara dari sektor ini. Perlu ada pemikiran dan teknologi serta inovasi yang harus dibangun dan dibuat agar produksi Migas Indonesia dapat terus meningkat.

Senior Vice President Development dan Technology PT Pertamina (Persero) Amran Anwar menjelaskan bahwa upaya Pertamina untuk membangun ketahanan energi nasional bisa dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya melalui kerjasama di bidang riset dan teknologi dengan perguruan tinggi. Hal ini karena peningkatan produksi Migas tidak terlepas dari kecanggihan teknologi dan kemampuan SDM, serta efisiensi biaya produksi.

Provinsi Riau sebagai salah satu daerah penghasil Migas di Indonesia memiliki potensi SDM dibidang perminyakan khususnya pada perguruan tingginya, sebagai contoh Universitas Islam Riau yang memiliki jurusan Teknik Perminyakan.

Untuk itu Pertamina berupaya agar potensi yang ada dapat dimaksimalkan guna menghasilkan SDM Migas dimasa datang dengan berupaya mendorong mahasiswa dan dosennya melakukan riset dan penelitian tentang proses penambangan dengan bekerjasama.

Berita Lainnya

Index