• Follow Us On : 

Ketika Elit Sudah Bisa Bersalaman, Konflik di Tingkat Bawah Belum Tentu Berakhir


Redaksi | Rabu,14 Maret 2018 - 11:37:49 WIB
Dibaca: 666 kali 
Ketika Elit Sudah Bisa Bersalaman, Konflik di Tingkat Bawah Belum Tentu Berakhir Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila Yudi Latief

JAKARTA - Yudi Latief, penulis buku "Negara Paripurna: Historitas, Rasionalitas, Aktualitas Pancasila" yang menjabat sebagai Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila berharap, para elit di negeri ini tidak menjadikan politik sebagai alat kepentingan jangka pendek yang berpotensi menimbulkan korban di kalangan rakyat.

Para elit mungkin begitu kepentingan tercapai bisa damai, tetapi "limbahnya" di masyarakat tidak mudah dibersihkan, kata Yudi di Jakarta, beberapa waktu lalu. "Begitu elit sudah bisa bersalaman, konflik di bawah belum tentu berakhir," katannya.

Menurut Yudi, terorisme yang terjadi pada masa sekarang memiliki keterkaitan dengan relasi politik pada masa lalu, dan hal itu harus dijadikan sebagai pelajaran.

BACA : BEM Seluruh Indonesia Tantang Cagub Diskusi

"Jadi, hati-hati menggunakan trik-trik atau manuver politik yang berpotensi mengadu domba, mobilisasi, persekusi, dan saling serang yang menimbulkan korban yang akan melahirkan dendam baru yang akan mengembangbiakkan terorisme di masa mendatang," ujarnya.

Pada bagian lain, Yudi mengapresiasi langkah Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang mempertemukan eks narapidana terorisme dengan penyintas dalam kegiatan "Silaturahmi Kebangsaan" pekan lalu.

Menurut dia, upaya mempertemukan mantan napi teroris dengan penyintas ini sangat penting karena eks teroris bisa berempati melihat kondisi korban. Namun, di sisi lain korban juga bisa memahami bahwa aksi-aksi terorisme itu mempunyai akar sosial sebagai penyebabnya.

BACA : Rapimnas Demokrat Singgung Isu Penistaan dan Radikalisme Agama


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Kamis,13 Desember 2018 - 16:00:05 WIB

Protecting Our Sight: ACUVUE® Eye Health Centre to raise eye care standards in Malaysia

Johnson & Johnson Vision recognises 24 optical centres leading the way for higher eye health sta

Kamis,13 Desember 2018 - 15:52:10 WIB

Avnet to Acquire Softweb Solutions: Adds Software and Artificial Intelligence to Ecosystem and Bolsters IoT Capabilities

Positions Avnet as the premier provider for AI, IoT and digital data platform solutions PHOENIX -&n

Kamis,13 Desember 2018 - 15:44:46 WIB

Asia’s Leading Women’s Fashion Brand - Love, Bonito – Expands Relationship with Adyen to Meet the Needs of Millennial Shoppers in Singapore

This collaboration delivers frictionless payment transactions to meet the needs of Spendsetters at t

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI