• Follow Us On : 

Pemkab Inhil Kembali Raih Opini WTP


Redaksi | Kamis,31 Mei 2018 - 12:28:50 WIB
Dibaca: 308 kali 
Pemkab Inhil Kembali Raih Opini WTP Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Riau, Harry Purwaka menyerahkan laporan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Inhil Tahun 2017 kepada Pjs Bupati Kabupaten Inhil, Rudyanto

Pekanbaru - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Riau, Kamis (31/5/2018) pagi.

Predikat WTP, berhasil diraih oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Inhil atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017 seusai melalui proses pemeriksaan oleh Tim Pemeriksa BPK RI beberapa waktu lalu.

Menurut Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Inhil, Rudyanto, raihan opini WTP oleh Pemkab Inhil merupakan sebuah prestasi yang membanggakan sekaligus membahagiakan. Lebih lagi, opini WTP tahun ini merupakan opini kedua kalinya setelah tahun sebelumnya prestasi WTP juga diraih oleh Pemkab Inhil.

"LKPD tahun sebelumnya (2016, red), Pemkab Inhil telah berhasil meraih WTP. Tahun ini, Pemkab berhasil mempertahankan predikat WTP itu," ujar Pjs Bupati Inhil, Rudyanto dalam sambutannya pada penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2017 di Kantor BPK RI Perwakilan Riau, Pekanbaru.

Pjs Bupati menuturkan, perolehan prestasi WTP adalah hasil dari kerja keras bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Inhil dan Bupati Kabupaten Inhil Definitif, HM Wardan.

Meski masih terdapat beberapa persoalan yang dicatatkan oleh BPK, dikatakan Pjs Bupati, hal tersebut akan segera dikoreksi sebagai bentuk tindaklanjut dari Pemerintah Kabupaten Inhil.

"Memang ada beberapa catatan yang kita terima, namun itu tidak lah mempengaruhi opini WTP oleh BPK. Catatan tersebut akan segera kita tindaklanjuti, kita koreksi dalam 60 hari kedepan," jelas Pjs Bupati.

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Riau, Harry Purwaka menyebutkan bahwa perolehan opini WTP oleh Pemerintah Kabupaten Inhil dapat dijadikan sebuah momentum transparansi dan akuntabilitas atas laporan keuangan.

"Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, tahun 2017 sudah berhasil mempertahankan pencapaian atas penyusunan laporan keuangan. Jadi, tahun lalu sudah mendapat WTP dan tahun sekarang (berhasil, red) mempertahankan WTP lagi," ujarnya.

Pencapaian Pemerintah Kabupaten Inhil dengan meraih predikat WTP, diungkapkan Harry Purwaka, menjadi indikator atas penyelesaian permasalahan - permasalah pada laporan keuangannya.

"Di tahun 2015 silam, masih ada catatan kalau tidak salah masalah aset. Tapi, itu sudah diselesaikan di 2016 sehingga bisa WTP. Di 2017, tidak ada permasalahan signifikan, yang berpengaruh terhadap penyajian laporan keuangannya," ungkap Harry Purwaka.

Selanjutnya, Harry Purwaka berharap, agar jajaran Pemerintah Kabupaten Inhil dapat memanfaatkan hasil laporan pemeriksaan atas LKPD tahun 2017 sebagai acuan untuk meraih prestasi serupa di tahun - tahun mendatang.

Untuk diketahui, penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2017 ini turut dihadiri oleh Kepala Sub - auditorat Riau 1, Roes Nelly, Wakil Ketua 1 DPRD Inhil, Dr H Ferryandi, Wakil Ketua 3 DPRD Inhil, Dr Ir Syahruddin, Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Inhil serta beberapa pejabat eselon 3 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil. (Dex)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Kamis,23 Maret 2017 - 18:01:37 WIB

Pemkab Inhil Terima Anugerah Pangripta Nusantara 2017

Pekanbaru - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menerima Anugrah Pangripta Nusantara (APN) ke-

Jumat,06 Januari 2017 - 15:36:21 WIB

Dirumahkan Sementara Waktu, Pemkab Minta Honorer Bersabar

KUANSING (WAHANARIAU) - Kegusaran yang dialami oleh pegawai honor daerah (honda) Pemkab Kuantan Sing

Jumat,28 April 2017 - 11:17:40 WIB

Pemkab Bersama Polres Meranti Gelar Sosialisasi Penggunaan Dana Bos dan Antisipasi Pungli

MERANTI - Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Meranti komit memberantas Pungli pada centra-centra pe

Selasa,22 Mei 2018 - 17:55:30 WIB

Tolak Aksi Teror, Pemkab Inhil Dan Forkopimda Nyatakan Sikap Bersama

  Tembilahan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) dan Forum Koordinasi

Selasa,16 Januari 2018 - 14:06:26 WIB

Pemkab Inhil Isi Malam Pergantian Tahun Dengan Muhasabah dan Musik Religi

  Tembilahan - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir mengisi pergantian malam tahun baru, M

Rabu,15 Maret 2017 - 22:49:38 WIB

DPRD Riau Apresiasi Pemberian Drone Karhutla Kepada Pemkab Inhil

Tembilahan - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau, Abdul Wahid mengapres

BERITA LAINNYA
Sabtu,20 Oktober 2018 - 00:47:54 WIB

Spackman Entertainment Group Acquires Greenlight Content

Greenlight Content is primarily involved in the business of investing into dramas and movies, as w

Sabtu,20 Oktober 2018 - 00:42:12 WIB

Arrow Electronics Collaborates with Infineon Technologies to Raise Innovation Capability and Engineering Competency of Start-ups in South East Asia, India, Australia and New Zealand

SINGAPORE - Media OutReach - October 19, 2018 - Global technology solutions provider

Sabtu,20 Oktober 2018 - 00:34:17 WIB

DHL and Shopee Launch New Partnership, Enabling China Sellers to Easily Access Thai Consumers

Excellent cross border and domestic delivery solution provided by DHL eCommerce now integrated on

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI