Pemprov Kumpulkan Kajian Pendukung, Ternyata Riau Miliki 29 Kerajaan

Pemprov Kumpulkan Kajian Pendukung, Ternyata Riau Miliki 29 Kerajaan
Plt Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zein

PEKANBARU (WAHANARIAU) - Pemerintah Provinsi Riau saat ini terus menggali dan mengumpulkan sejumlah kajian demi mendukung adanya catatan pemprov yang menyatakan Bumi Melayu ini sebelumnya memiliki 29 kerajaan yang tersebar di seluruh Provinsi Riau.

Sebagaimana diketahui, peninggalan kerajaan yang diketahui oleh masyarakat Riau, nasional hingga mancanegara adalah Kerajaan Siak Sri Indrapura yang terletak di Kabupaten Siak dengan bangunan istananya yang cukup megah hingga saat ini bahkan dijadikan salah satu objek wisata bagi masyarakat Riau.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zein kepada media, Senin (16/1/2017) di ruang kerjanya. Sepengetahuannya, dari 29 kerajaan, ada beberapa yang dikenalnya, diantaranya Kerajaan Kandis, Tualang dan Indragiri.

"Nantinya akan kami gali lebih dalam lagi dan dijadikan dokumentasi seperti dengan membukukannya yang nantinya jadi pengetahuan bagi generasi mendatang,"tutur pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Riau menjelaskan.

"Tak di tiga kerajaan itu saja, di Kampar saja terdapat lima kerajaan,"imbuhnya lagi.

Untuk kajian pendukung lainnya, pihaknya juga akan melibatkan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau termasuk stakeholder terkait serta pusat kajian kebudayaan. 

Baginya, penggalian dokumentasi sisa kerajaan ini merupakan kekayaan daerah yang perlu diangkat. Seperti halnya daerah lainnya yang mampu diangkat dan dilestarikan. 

"Dulukan melalui ekspedisi kebudayaan empat sungai besar di Riau sudah ada kajiannya. Tapi inikan harus digali lagi. Hal ini dibuktikan adanya ditemukan beberapa benda sejarah seperti lempeng emas di Kuantan, prasasti emas, ada juga tepak pembelah,"tukasnya.(riauterkini)

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index