Efek Minum Kopi Sebelum Olahraga Menurut Ahli Gizi

Efek Minum Kopi Sebelum Olahraga Menurut Ahli Gizi

JAKARTA (WAHANARIAU) -- Secangkir kopi bisa menjadi stimulansia atau pembangkit tenaga saat berolahraga. Ada yang menganggapnya sekadar mitos, namun pakar nutrisi olahraga punya penjelasan tentang hal itu.

"Kafein memiliki efek energy sparing, mengubah asam lemak menjadi energi. Sehingga lebih menghemat karbo (karbohidrat)," kata ahli gizi dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Mirza Hapsari Sakti, SGz, MPH, ditemui baru-baru ini di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/3/2017).

Efek lebih bertenaga setelah minum kopi, menurutnya ada benarnya. Namun dalam takaran wajar, kafein dalam secangkir kopi belum dikategorikan sebagai doping. Pada atlet profesional, kafein juga bisa dianggap sebagai doping jika asupannya melampaui kadar tertentu.

Walau begitu, sensitivitas tiap individu terhadap efek kafein bisa berbeda-beda. Bagi sebagian orang bisa membangkitkan tenaga, bagi sebagian yang lain malah bisa memicu efek samping yang mengganggu olahraga.

"Ada juga yang malah jantungnya berdebar-debar, lalu asam lambungnya naik. Nah kalau seperti itu malah tidak baik," kata Mirza. (detik)

#Tips Kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index