Bahaya...! Jangan Mencampur Alkohol dengan Minuman Energi

Bahaya...! Jangan Mencampur Alkohol dengan Minuman Energi

WAHANARIAU - Alkohol dan kafein adalah dua jenis zat stimulan atau obat yang paling sering dikonsumsi secara bebas oleh masyarakat. Alkohol bisa ditemukan dalam bir, wiski, vodka, dan minuman keras lainnya. Sementara kafein banyak terdapat pada minuman energi atau kopi.

Umumnya minuman berenergi yang mengandung kafein dikonsumsi tanpa dicampur apa-apa. Namun, terkadang minuman tersebut dicampur dengan minuman beralkohol. Misalnya kalau Anda sedang nongkrong di bar, tidak jarang ditemukan minuman seperti itu. Contohnya Jagerbomb, yakni campuran antara minuman keras merek Jagermeister dan salah satu merek minuman energi yang terkenal, yaitu Redbull.

Namun tidak banyak yang diketahui oleh masyarakat tentang dampak buruk antara campuran minuman beralkohol dan minuman dengan kafein. Banyak terjadi kasus keracunan alkohol yang terjadi setelah minum alkohol dan kafein dalam waktu bersamaan. Karena itu, campuran kedua minuman ini saat ini tidak dianjurkan.

Pengaruh Kafein
Berbagai macam minuman energi memiliki komposisi yang berbeda-beda. Namun, kebanyakan mengandung kafein dalam kadar yang tinggi dan mungkin sudah ditambahkan beberapa zat seperti taurin, ginseng, dan vitamin B untuk menambah efek stimulan atau energi bagi orang yang meminumnya. Meski begitu, kebanyakan energi yang dihasilkan adalah dari kafein.

Kafein sendiri bila dikonsumsi tanpa alkohol merupakan salah satu zat yang relatif aman. Konsumsi kafein sering dikaitkan dengan peningkatan daya ingat dan aktivitas tubuh manusia, serta peningkatan memori.

#Tips Kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index