Raih 40 Suara, Wan Thamrin Wakil Gubernur Riau Terpilih

Raih 40 Suara, Wan Thamrin Wakil Gubernur Riau Terpilih
Pemilihan ulang tuntas digelar DPRD Riau. 63 suara sudah dihitung. Hasilnya Wan Thamrin Hasyim mengungguli Ruspan Aman.

PEKANBARU - Setelah melalui proses cukup menegangkan dan makan waktu dari pagi hingga petang, Selasa (25/4/17), akhirnya Provinsi Riau memiliki Wakil Gubernur. Pemilihan ulang yang digelar DPRD Riau menempatkan Wan Thamrin Hasyim sebagai pemenang. Mendulang 40 suara. Sementara pesaingnya, Ruspan Aman mendapat 23 suara.

Hasil pemilihan ini sesuai dengan keinginan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Ketua DPD Partai Golkar Riau tersebut sejak awal sudah terang-terangan menginginkan mantan Bupati Rokan Hilir tersebut sebagai pendamping. Meskipun sesuai keinginan, namun prosesnya tak semudah yang diharapkan.

Karena itu, wajar jika Gubernur Arsyadjuliandi Rachman yang sejak pagi mengikuti proses pemilihan nampak merasa lega. Ia bakal punya wakil sesuai dengan yang diinginkannya.

Untuk memastikan Wan Thamrin menjadi Wakil Gubernur Riau terpilih harus digelar pemilihan dua kali. Pasalnya, pemilihan awal perolehan suara kedua calon seri. Sama-sama mendapatkan 31 suara dari 62 anggota DPRD Riau.

Pada pemilihan ulang, seorang anggota Fraksi PDIP UE Tengger Sinaga yang semula alpa mendadak muncul. Hadirnya Tengger menjadikan pemilih suara jumlahnya ganjil. Dengan demikian tidak mungkin kembali terjadi seri.

Setelah terpiliha menjadi, proses selanjutnya akan diproses melalui pengajuan kepada Menteri Dalam Negeri untuk dikeluarkan surat keputusan (SK) untuk Wan Thamrin sebagai Wakil Gubernur Riau definitif.*** (riauterkini)

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index