Pemkab Siak Apresiasi Kiprah Siak Heritage Community

Pemkab Siak Apresiasi Kiprah Siak Heritage Community

SIAK - Pemkab Siak mengapresiasi partisipasi komunitas masyarakat dalam upaya penyelamatan dokumen dan arsip peninggalan Kesultanan Siak. Beberapa tahun belakangan berbagai upaya untuk mengumpulkan berbagai dokumen penting kesultanan terus dilakukan baik oleh Pemerintah Daerah, maupun komunitas pencinta sejarah. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah kabupaten Siak H.T.S Hamzah saat membuka secara resmi Kegiatan Sosialisasi Restorasi Dokumen Istana Siak oleh Arsip Nasional Republik Indonesia, di Siak Sri Indrapura (5/4/17).

"Setakat ini, dokumen penting tentang Kerajaan Siak berjumlah 167.158 judul naskah, akan tetapi masih ada sebagian dokumen lain yang masih disimpan oleh keluarga kerajaan, kerabat Sultan, serta pihak-pihak lainnya" sebutnya dihadapan Deputi Bidang Konservasi Arsip Nasional Republik Indonesia M. Taufik yang turut hadir di Raja Indra Pahlawan Room, yang menjadi tempat berlangsung kegiatan.

Sempena kegiatan sosialisasi yang diikuti sekitar 100 orang peserta ini, Hamzah juga secara khusus menyampaikan ucapan terimakasih kepada komunitas pencinta sejarah Siak Heritage Community (SHC), yang dinilai telah membantu pemerintah daerah dalam upaya penyelamatan dokumen sisa kejayaan emporium Melayu terbesar yang pernah berkuasa di Semenanjung Sumatera tersebut.

"Kami mendengar informasi terkait upaya yang dilakukan SHC untuk mengumpulkan kembali dokumen dan foto penting peninggalan Kerajaan Siak melalui Media Sosial seperti Facebook" kata Hamzah.

Ia juga berharap langkah SHC dapat diikuti masyarakat luas, agar mengumpulkan kembali dokumen kerajaan untuk diarsipkan kembali.

"Upaya penyelamatan dokumen sejarah ini bertujuan untuk dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi generasi kita kedepannya" tutupnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Konservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) M. Taufik dalam kesempatan yang sama menyampaikan kekagumannya pada komitmen Pemkab Siak terhadap upaya pelestarian kawasan Istana Asserayah El Hasyimiyah. Bangunan yang populer disebut Istana Siak itu sebutnya, selain masih berdiri kokoh dan megah, arsip maupun dokumennya masih terpelihara dengan baik.

"Saya sangat kagum ketika masuk ke Istana Siak, ternyata kemegahannya masih terjaga dan juga dokumennya tertata rapi dan sangat terawat" sebutnya. 

Taufik berharap keberadaan berbagai dokumen otentik arsip kerajaan ini dapat terus terpelihara agar generasi yang akan datang tidak kehilangan identitasnya.*** (humas)

#Pemkab Siak

Index

Berita Lainnya

Index