Jemaah Haji Dumai Gabung Kloter 7 Embarkasi Batam

Jemaah Haji Dumai Gabung Kloter 7 Embarkasi Batam

DUMAI (WR) - Kementerian Agama Kota Dumai menyatakan sebanyak 212 calon jemaah haji daerah ini akan bergabung dengan 211 peserta haji asal Kabupaten Pelalawan dalam kelompok terbang 7 Embarkasi Batam.

Kepala Kementerian Agama Kota Dumai Syafwan menyebut, calon haji dijadwalkan mulai berangkat pada 4 Agustus 2017 nanti menuju Embarkasi Batam menggunakan armada kapal laut dari Pelabuhan Pelindo Dumai.

"Jemaah dumai tergabung kloter 7 bersama calon haji asal pelalawan, dan dijadwalkan mulai masuk asrama haji pada 4 agustus nanti melalui pelabuhan," kata Syafwan kepada pers kemarin.

Dikatakan, untuk jemaah asal Dumai dengan usia tertua 75 tahun dan 34 tahun termuda ini akan menempati pemondokan haji di Masbah Jin Sektor 2, atau berjarak sekitar 1,8 kilometer ke Masjidil Haram.

Menjelang keberangkatan, sejumlah tahap sudah dijalani, diantaranya pemeriksaan kesehatan oleh tim medis pemerintah daerah dan pelatihan manasik haji yang akan digelar selama dua hari, 12-13 Juli ini.

"Kemarin sudah dilakukan tes kesehatan dan pemberian vaksin meningitis, namun untuk hasilnya masih menunggu dari dinas terkait," sebutnya.

Seluruh calon haji diingatkan agar terus menjaga stamina dan kesehatan, baik jelang berangkat hingga kepulangan, karena ibadah di tanah suci Makkah ini termasuk berat sehingga diperlukan kondisi fit.

"Dua hari kedepan kita mengadakan pelatihan manasik dengan materi tentang kebijakan dan kesehatan serta praktek ibadah umrah dan haji," ujarnya.

Informasi dari Sekretaris Dirjen Pelaksana Haji dan Umrah Kemenag RI Khasan Faozi mengatakan, Embarkasi Hang Nadim Batam tahun ini melayani calon haji dari empat provinsi, yakni Kepulauan Riau, Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat.

"Jumlah peserta haji empat provinsi ini berjumlah sekitar lebih dari sepuluh ribu orang dengan 27 kelompok terbang," katanya kepada wartawan. (ra)

#Jemaah Calon Haji

Index

Berita Lainnya

Index