Ini Bagian Mobil yang Sering Lecet

Ini Bagian Mobil yang Sering Lecet

JAKARTA (Wahanariau) - Dewasa ini mobil adalah salah satu kendaraan yang pas untuk digunakan. Selain dapat menampung penumpang dan alat keperluan kantor lebih banyak, kita juga dapat terlindungi dari cuaca pancaroba yang kian tak menentu.

Namun sebelum mengendarai mobil untuk sehari-hari, Otolovers harus memiliki dana lebih ya. Karena biaya perawatan mobil tidaklah murah apalagi kalau pemakaiannya tidak benar.

Persoalan yang paling umum kita temui adalah lecet pada mobil. Sebagai bagian pertama yang langsung berhubungan dengan kondisi jalanan, tak jarang mobil terkena lecet di bagian bumper, fender (body samping di dekat roda depan), pintu-pintu, hingga atap mobil.

Hal ini juga diakui oleh Direktur Teknik PT Indomobil Sompo Japan, Gunawan Susilo yang menyatakan bahwa banyak pengemudi yang melakukan pengecetan ulang bahkan kerusakan fatal lainnya pada bagian tersebut.

"Yang paling sering kena service (repair) itu pada bumperengine hood, dan fender. Entah karena jalanan kita yang berlubang atau nabrak, itulah yang sering ditemui," paparnya.

Untuk biaya, Gunawan menuturkan bahwa hal tersebut tergantung pada kerusakan yang terjadi. Meski seperti itu otolovers harus berhati-hati yah dalam membawa mobil kesayangannya karena apabila terjadi kerusakan pada bagian tulang mobil, biaya perawatannya cukup mahal loh.

"Untuk biaya sih tergantung kondisi mobilnya. Tapi kalau sudah terjadi kerusakan pada tulang-tulang mobil, ini nih yang rada sulit. Kita juga harus main dempul dan biayanya juga akan mahal tentunya," tuturnya.

Ia juga menambahkan, apabila mobil sudah banyak dilakukan dempul mobil akan terlihat tidak 'mulus' lagi. "Kalau udah sering didempul atau ga bener dempulnya, lama-lama cat mobil akan keliatan berawan dan belang. Makanya seminimal mungkin kita pakai dempul disini," ujar Gunawan.

Meski nominal perbaikan pada bagian ini tidak dituturkan oleh Gunawan, untuk menghemat pengeluaran isi dompet Otolovers harus lebih berhati-hati nih saat membawa kendaraan roda empat kesayangannya. Selain itu, jangan juga bermalas-malasan untuk selalu memolesnya agar tetap mengkilat dan bersih dari jamur yah. (detikOto)

Berita Lainnya

Index