Fungsi Usus Buntu Lama Jadi Misteri, Ternyata Ini Jawabannya

Fungsi Usus Buntu Lama Jadi Misteri, Ternyata Ini Jawabannya
Ilustrasi

NORTH CAROLINA (Wahanariau) -- Apa fungsi usus buntu bagi manusia? Pertanyaan itulah yang kerap dilontarkan orang awam kepada dokter saat keluarganya menjalani operasi usus buntu.

Bill Parker dan timnya dari Duke University di North Carolina, Amerika Serikat, mengungkapnya dalam jurnal Clinical Gastroentrology and Hepatology. Menurut tim, usus buntu ternyata memiliki fungsi mempertahankan keragaman mikroba dalam usus.

Misalnya, terhindar dari infeksi bakteri Clostridium difficile. Bakteri ini menyebabkan diare pada manusia. Bahkan, dalam jurnal tersebut, orang yang tak punya usus buntu memiliki potensi terinfeksi bakteri C. difficile empat kali lebih besar.

Namun, bukan berarti usus buntu tak boleh diangkat. Menurut tim, usus buntu yang membengkak dan terinfeksi perlu dibuang agar tak menyebabkan masalah organ pencernaan lain. 

Dalam riset lain, banyak mamalia ternyata tetap mempertahankan usus buntu dalam proses evolusi mereka. Jurnal yang dipimpin Heather Smith, peneliti biologi dari Midwestern University di Illinois itu melakukan analisis usus buntu pada 533 spesies mamalia. 

Smith dan tim mengembangkan pohon silsilah untuk melihat sejarah keberadaan usus buntu pada mamalia tersebut. Studi mereka terbit dalam jurnal Comptes Rendul Palevol. "Usus buntu tidak hilang begitu saja. Ini menunjukkan bahwa organ ini penting," tulis tim. (tempo)

#Tips Kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index