Alarm Persalinan Bidan Desa Siak Masuk 40 Inovasi Terbaik Nasional

Alarm Persalinan Bidan Desa Siak Masuk 40 Inovasi Terbaik Nasional

SIAK (Wahanariau) - Alarm persalinan karya bidan desa asal Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak berhasil menyambet penghargaan Top 40 inovasi pelayanan publik terbaik tahun 2017 tingkat nasional.

Alarm persalinan ini dibuat bidan desa di Kecamatan Kerinci Kanan berawal untuk menekan angka kematian bayi dan ibu yang masih tinggi di wilayah setempat.

Sebelum meraih penghargaan Top 40, inovasi mereka pun berhasil masuk Top 99 Inovasi Publik tahun 2017.

"Inovasi ini tercipta karena angka kematian ibu dan bayi di Kecamatan Kerinci Kanan sangat tinggi, oleh karena itu kami mencari cara untuk mengurangi angka tersebut. Alhamdulillah semenjak adanya Alarm Persalinan ini, angka kematian ibu dan bayi di Kecamatan Kerinci Kanan jauh berkurang," ujar Dr. Deasari Kepala UPTD Puskemas Kerinci Kanan di Siak, Sabtu (26/8/2017).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Siak Syamsuar dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, di Stadion Manahan Solo Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (25/8/2017) bersamaan dengan pembukaan perhelatan Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental tahun 2017.

Dr. Deasari menyebutkan, jika alarm persalinan berbunyi itu menandakan adanya ibu di desa-desa Kecamatan Kerinci Kanan yang akan melahirkan.

Deasari juga mengungkapkan rasa terharunya karena ia tidak menyangka alarm persalin buatan bidan-bidan desa yang bertugas di Kerinci Kanan berhasil masuk kedalam Top 40 Inovasi Pelayanan Publik terbaik Se-Indonesia tahun 2017.

Disamping itu Bupati Siak Syamsuar memyatakan Kabupaten Siak satu-satunya daerah di Provinsi Riau yang mendapatkan penghargaan tersebut. 

"Dari 3.054 Inovasi Pelayanan Publik yang ikut dan dinilai oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMN), Siak berhasil masuk kedalam Top 40 Inovasi Pelayanan Publik terbaik Se-Indonesia, ini sebuah prestasi yang luar biasa," katanya.

Lanjutnya, dengan adanya penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi bagi Puskesmas lainnya yang ada di Kabupaten Siak, dan juga OPD agar selalu berinovasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. 

"Nanti sewaktu lebaran haji, kami akan melaksanakan syukuran di Kecamatan Kerinci Kanan," katanya lagi dengan sumbringah.

Perhelatan itu digelar untuk menandai 2,5 tahun dilaksanakannya Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). (rdk/ant)

#Pemkab Siak

Index

Berita Lainnya

Index