Pemkab Siak Siapkan 10.000 Bibit Buah Sirsak, Siapa Saja Boleh Ambil

Pemkab Siak Siapkan 10.000 Bibit Buah Sirsak, Siapa Saja Boleh Ambil

SIAK (Wahanariau) - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Siak menyiapkan 10.000 bibit buah sirsak kepada masyarakat wilayah setempat secara gratis untuk mendorong warga memanfaatkan lahan kosong.

"Siapa saja boleh mengambil bibit sirsak ini, dua bibit perorangnya," kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan B3 Dinas Lingkungan Hidup Siak Ali Amran di Siak, dilansir Antarariau, Selasa (5/9/2017).

DLH memanfaatkan momentum perhelatan lomba Musabaqoh Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Siak ke XVII dari 4-9 September di Islamic Center untuk mengajak masyarakat menanam buah-buahan yang bisa diambil langsung di gerai bazar OPD tersebut.

Dia mengatakan pembagian bibit ini untuk mendorong setiap rumah menanam buah-buahan, selain bagus untuk lingkungan (penghijauan), juga bermanfaat secara ekonomi jika sudah produktif berbuah.

"Selain itu sirsak kaya akan manfaat. Salah satunya untuk mencegah kanker dan tumor ganas dan juga untuk kekebalan tubuh," katanya.

Pembagian bibit itu juga sesuai dengan keinginan Pemkab Siak untuk menjadikan wilayah setempat menjadi kota hijau, apalagi sebelumnya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah mencanangkan Siak sebagai Kabupaten hijau pada peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2016.

Gerai bazar Dinas Lingkungan Hidup selain menyiapkan bibit sirsak yang bisa diambil masyarakat, juga dipamerkan beberapa tanaman obat serta hasil karya dari kelompok ataupun komunitas yang didaur ulang dari sampah plastik dan koran bekas, seperti tas, keranjang belanja, vas bunga dan lain sebagainya.

Mereka juga menawarkan kepada masyarakat yang melewati gerai untuk mengambil dua bibit buah untuk ditanam, selain itu ada beberapa baliho yang dipasang mengenai pemanfaatan sampah dan dampaknya bagi lingkungan jika dibuang secara sembarangan.

Di halaman samping kanan Islamic Center tidak hanya gerai DLH saja yang berdiri, tetapi semua OPD dan kecamatan memamerkan ciri khas dari masing-masing Satker dan daerah untuk dinilai oleh tim penilai termasuk Bupati-Wabup Siak.

#Pemkab Siak

Index

Berita Lainnya

Index