8 Makanan Pemicu Kanker yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Roti

8 Makanan Pemicu Kanker yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Roti

JAKARTA (Wahanariau) -- Makanan yang mengandung karsinogen dapat menyebabkan kanker. Beberapa contoh karsinogen adalah tembakau, asbes, plutonium, dan sebagainya. Banyak makanan yang dikaitkan dengan berbagai jenis kanker. Selain itu, ada pula makanan yang mengandung karsinogen, padahal kerap dikonsumsi sehari-hari. 

Berikut beberapa makanan yang bisa menimbulkan atau berhubungan dengan kanker:

1. Tomat kaleng

Semua kaleng yang digunakan untuk menyimpan makanan terbuat dari bahan kimia yang disebut bisphenol-A atau BPA. Bahkan paparan kecil terhadap BPA dapat meningkatkan risiko kanker payudara, kanker prostat, infertilitas, pubertas dini, gangguan metabolisme dan diabetes tipe 2. Disarankan untuk membeli tomat segar dari pasar daripada memilih yang di kaleng. Inilah salah satu makanan penyebab kanker terbaik yang harus dihindari.

2. Minyak terhidrogenasi

Minyak terhidrogenasi digunakan untuk  makanan olahan. Tapi, minyak ini bisa mempengaruhi selaput dan fleksibilitas  fleksibilitas sel, dan bisa menyebabkan kanker. Inilah salah satu makanan teratas yang bisa menyebabkan kanker.

3. Produk susu tertentu

Para ahli telah menemukan kaitan antara asupan kalsium tinggi dan pengembangan kanker prostat. Ini karena produk susu kaya kalsium bisa menurunkan hormon, sebesar 1,25-dihydroxyvitamin D3. Hormon ini dikenal melindungi pria terhadap sel kanker.

4. Daging merah olahan

Makanan ini mengandung berbagai bahan kimia dan bahan pengawet, termasuk natrium nitrat yang terkenal karsinogen. Disarankan mengonsumsi daging varietas organik dan bebas hormon.

5. Roti

Roti  dan produk tepung yang ada di supermarket biasanya telah dicampur dengan potassium bromate yang berpotensi sebagai karsinogen pada manusia secara alami. Inilah salah satu makanan yang cenderung menyebabkan kanker.

6. Gula halus

Gula halus menjadi makanan bagi sel-sel tumor untuk tumbuh dan berkembang. Sel kanker berkembang pada pemanis yang diperkaya fruktosa seperti sirup jagung yang mengandung fruktosa tinggi.

7. Alkohol

Penyalahgunaan alkohol juga merupakan penyebab utama kanker. Konsumsi alkohol yang berlebihan menjadi penyebab utama kanker mulut,  kanker kerongkongan, kanker hati, kanker usus besar, kanker rektum dan kanker payudara.

8. Makanan yang mengandung asam lemak jenuh

Secara Kelebihan: Wanita pascamenopause dengan asupan lemak jenuh tinggi memiliki  risiko kanker payudara hingga lebih dari 30%, dibandingkan dengan mereka yang makan sedikit asam lemak jenuh.

Lemak ini ada pada makanan olahan, daging berlemak, keju dan makanan penutup yang mengandung mentega. Ini adalah makanan top yang bisa menyebabkan kanker. (tempo)

#Tips Kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index