Jokowi Dorong Pengusaha Australia Berinvestasi di ASEAN

Jokowi Dorong Pengusaha Australia Berinvestasi di ASEAN
Presiden Jokowi saat berbicara dalam CEO Forum, sebagai rangkaian dari KTT Khusus ASEAN-Australia, di International Convention Center, Sydney, Australia, Sabtu (17/3/2018). (Foto: BPMI).

AUSTRALIA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin bahwa ASEAN akan menjadi poros perekonomian baru dunia. Keyakinan ini muncul dari berbagai keunggulan ASEAN baik dari segi geografis maupun demografisnya.

Australia sebagai salah satu negara terdekat ASEAN diharapkan bisa memanfaatkan peluang tersebut, utamanya dalam hal investasi.

Demikan disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di CEO Forum, sebagai rangkaian dari KTT Khusus ASEAN-Australia, di International Convention Center, Sydney, Australia, Sabtu (17/3/2018).

BACA : Menteri PUPR Minta Jarak Tempuh Marauke - Boven Digul Menjadi 6 Jam

“Poros perekonomian dunia sedang bergeser dari Atlantik ke Pasifik, pertumbuhan ekonomi tertinggi saat ini ada di Asia Pasifik. Lalu siapa yang tepat berada di tengah-tengah Asia Pasifik, adalah ASEAN,” kata Presiden Jokowi.

Letak ASEAN yang berada di tengah, di antara India, Asia Tengah, dan Timur Tengah berada di sebelah barat, kemudian Tiongkok, Korea, dan Jepang di sebelah utara, serta Australia dan Selandia Baru di sebelah selatan, membuat ASEAN menjadi kawasan yang strategis.

“Namun selain itu, ada hal penting lainnya yang sedang tumbuh di Asia Pasifik dan ASEAN, yaitu kelas menengah. Termasuk sekitar 630 juta populasi di Asia Tenggara,” jelas Presiden.

BACA : LEWS Berbasis Masyarakat Dari Indonesia Mendunia

Berita Lainnya

Index