• Follow Us On : 

Chossypratama Rilis Ulang Lagu Dewi Gita dan Ozy Syahputra dalam Format Dolby Atmos


Redaksi | Kamis,30 September 2021 - 15:55:25 WIB
Dibaca: 196 kali 
Chossypratama Rilis Ulang Lagu Dewi Gita dan Ozy Syahputra dalam Format Dolby Atmos

JAKARTA - Teknologi suara kitar Dolby Atmos pertama kali diperkenalkan oleh Dolby Laboratories pada tahun 2012. Meskipun pada awalnya teknologi audio tersebut diaplikasikan untuk bioskop, namun format audio tersebut juga memberi sensasi tersendiri ketika digunakan pada lagu.

Sebagai sejarah baru di industri musik Tanah Air, Musisi legendaris Chossypratama merilis ulang 2 karya lagunya yang berjudul Penari (Dewi Gita) dan Sungguh (Ozy Syahputra) ke dalam format Dolby Atmos 7.4.1 Surround Sound. Dua lagu tersebut menjadi lagu pop pertama di Indonesia dalam format Dolby Atmos, dirilis pada Sabtu, 25 September 2021 pada platform musik digital.

Lagu Sungguh, dan Penari adalah dua lagu popular di Indonesia. Chossypratama saat ini mulai mengerjakan karya-karya lagu popularnya untuk dijadikan Dolby Atmos, seperti dikatakan Chossypratama saat diwawancarai pada Sabtu (25/9/2021).

Chossypratama menjelaskan, Dolby Atmos merupakan immersive audio yang patentnya dimiliki oleh Dolby Laboratories. Secara awam, Dolby Atmos adalah audio yang kita dengar melalui speaker yang lebih dari 2 (stereo), dan terpasang tidak di satu planar horisontal, tapi juga ada speaker yang terpasang dari depan sampai ke belakang, serta di atas kepala pendengarnya.

Dolby Atmos 7.1.4 Surround Sound mengacu pada 7 buah speaker yang terpasang secara horisontal, 3 di depan, 2 di samping, 2 di belakang, 1 buah subwoofer yang terpasang di lantai, dan 4 buah speaker di langit-langit atas kepala kita.

Seperti dikatakan Chossypratama, surround sound bukan hanya Dolby, masih ada DTS, Franhaufer, Auro, dan lainnya. Tapi Dolby Atmos mempunyai binaural hearing yang menghasilkan surround sound, hanya dengan sebuah headphone streaming akan menjadi new norm untuk tontonan.

Lebih lanjut Chossypratama mengatakan, Disney Channel saja mulai menutup semua cable services-nya, dan kita akan mulai bisa menonton di streaming, dan pastinya semua akan mengarah pada gadget, pastinya handphone.

Dengan adanya Dolby Atmos, siapapun akan bisa menonton film-film layar lebar dengan surround sound 3D melalui headphone. Jadi surround sound bisa dinikmati oleh siapa saja.

Chossypratama mengatakan, ia melihat kesiapan masyarakat dalam menerima lagu dalam format Dolby Atmos dari sisi streaming gratis dan berbayar. Para penikmat lagu dari streaming berbayar akan mendengar audio dengan kualitas yang lebih baik daripada yang gratis. Secara teknis, bit rate-nya pada streaming berbayar lebih tinggi, sehingga sound-nya lebih jernih.

“Seperti format-format lagu sebelumya; pita, kaset, cd, mp3, digital streaming, adaptasi orang dalam menggunakan teknologi baru pasti butuh waktu, tapi akhirnya semua toh bergulir ke arah teknologi terkini, jadi Dolby Atmos pun akan menjadi alternatif dalam menikmati sound,” kata Chossypratama.

Chossypratama memprediksi, stereo akan tetap bersama kita untuk waktu yang masih lama. Dolby Atmos adalah format jualan, bukan format produksi, jadi stereo saat ini masih tetap menjadi acuan bagi para musisi dalam memproduksi lagu-lagu baru. Meskipun begitu, Dolby Atmos merupakan pendamping, alternatif selain stereo.

“Jadi para komposer, musisi, masih tetap akan merekam lagunya dalam format stereo, hanya finishing-nya akan ada dua format, stereo dan Dolby Atmos. Saat ini, Dolby Atmos lebih dibuat untuk lagu-lagu yang sudah populer, dan produksi Dolby Atmos juga masih mahal, dikarenakan perangkat keras dan lunak untuk studio masih terbilang tinggi secara harga,” kata Chossypratama.

Menurut Chossypratama, Dolby Atmos belum jadi format utama, terutama bagi pelaku musik. Stereo tetap akan bertahan, Dolby Atmos masih tetap jadi format penyerta atau format alternatif.

“Memang saat ini baru Tidal, Amazon Music, dan Apple Music yang support Dolby Atmos. Dolby Atmos butuh bandwidth yang lebih besar dari stereo, dan kalaupun datanya di-encode, butuh algorythm yang khusus untuk decode-nya. Tapi nantinya semua Digital Service Provider juga akan melayani Dolby Atmos,” kata Chossypratama.

Pada kesempatan yang sama, Rulli Aryanto, Direktur Chossy Pratama Production mengatakan, Chossy Pratama Production sudah biasa memproduksi lagu-lagu dalam format Dolby Atmos. Chossy Pratama Production siap melayani label musik dan manajemen artis yang ingin tanya-tanya Dolby Atmos serta memproduksikannya.

Penulis : Muhammad Fadhli


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Selasa,17 November 2020

Siap dengan Program Baru, November Jadi Edisi Terakhir Chossypratama Cari Penyanyi

JAKARTA - Musisi legendaris Chossypratama sangat serius menjaring para penyanyi berbakat di Tanahair

Minggu,17 Oktober 2021

Ayu Giri Anjani Siap Ulang Kesuksesan Lewat Rilis Lagu Baru Karya Chossypratama Berjudul Melepasmu

JAKARTA – Mendengar nama Ayu Giri Anjani, tentu sudah tak asing lagi bagi para penikmat musik

Jumat,01 Januari 2021

Kerjasama Chossypratama dengan Jendral Rich Selama Tahun 2020 Lahirkan 21 Penyanyi Baru

JAKARTA - Eksistensi Chossypratama sebagai Musisi Legendaris Indonesia punya andil tersendiri bagi p

Sabtu,05 Desember 2020

Adiba Cahya Angkat Konsep Minimalis Elegan di Videoklip Lagu Kesan di Matamu Karya Chossypratama

SURABAYA - Adiba Cahya, gadis belia usia 14 tahun yang memiliki kecantikan ala putri keraton dan ber

Selasa,08 September 2020

Penyanyi Erika Rasyid bersama Chossypratama Garap Ulang Lagu Si Manis Jembatan Ancol

JAKARTA – Penyanyi Erika Rasyid yang terdampak pandemi, beberapa waktu belakangan ini ramai di

Rabu,02 September 2020

Adiba Siap Ulang Kesuksesan Chrisye Lewat Lagu Kesan di Matamu Karya Chossypratama

JAKARTA - Vokal unik yang dimiliki Adiba, Penyanyi belia usia 14 tahun asal Kota Surabaya, berhasil

BERITA LAINNYA
Minggu,17 Oktober 2021

Peringati Hari Dharma Karya Dhika 2021, Kemenkumham Gelar Seminar Nasional

JAKARTA - Kementerian Hukum dan HAM menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Peran Kemen

Minggu,17 Oktober 2021

Persiapkan Tim Terbaikmu! ESI Inhil Jadwalkan Turnamen Mobile Legends 2021 Tembilahan

INDRAGIRI HILIR - Pengkab Esports Indonesia (ESI) Indragiri Hilir (Inhil) segera menggelar ESI Inhil

Jumat,15 Oktober 2021

Kimin Tanoto Gandeng Universitas IPB Perkuat Upaya ESG

Salah satu perusahaan baja terbesar di Asia Tenggara bertujuan untuk memberikan kembali kepada masya

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI