Sekdako Dumai Pimpin Upacara HUT Damkar ke-105

Sekdako Dumai Pimpin Upacara HUT Damkar ke-105
Foto: dok diskominfo

DUMAI - Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah Kota Dumai, H. Indra Gunawan memimpin secara langsung Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan yang ke-105 tahun 2024.

Upacara yang dipusatkan di Halaman Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Dumai diikuti oleh Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Dumai, Zulkarnain, seluruh Pejabat Struktural dan Anggota Damkar dengan total 89 personil, Kamis (7/3) pagi.

Dalam amanatnya, H. Indra Gunawan mengatakan, diusianya yang tepat satu abad lebih 5 tahun ini, Dinas Damkar dan Penyelamatan patut dibanggakan oleh seluruh jajaran Damkar karena telah menunjukan profesionalitasnya dalam melaksanakan tugas, serta senantiasa mengedepankan visi utama pemadam kebakaran dunia yakni To Prevent Fires, Save Lives and Properties.

“Profesionalisme pemadam kebakaran dan penyelamatan merupakan sebuah keharusan untuk dirawat dan ditingkatkan. Sehingga masyarakat bisa senantiasa merasa aman serta terlindungi dari ancaman bahaya kebakaran dalam setiap aktivitasnya,” ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan tersebut dapat diwujudkan dengan terus meningkatkan layanan pencegahan, penanggulangan kebakaran, dan penyelamatan yang terintegrasi serta dilakukan secara handal dan profesional.

Dengan mengusung tema nasional “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi”, H. Indra Gunawan menyampaikan laporan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Dumai kurun waktu 3 tahun terakhir.

Pada tahun 2021, Damkar telah berkontribusi terhadap 29 kasus kebakaran dan 67 kasus non darurat kebakaran. Di tahun 2022, Damkar berkontribusi terhadap 44 kasus kebakaran dan 141 kasus non darurat kebakaran. Sedangkan tahun 2023, Damkar telah berkontribusi terhadap 52 kasus kebakaran dan 160 kasus non darurat kebakaran.

"Selain penanganan terhadap kejadian kebakaran, Damkar juga telah melakukan berbagai operasi penyelamatan, yang terbanyak yaitu animal rescue, penanganan dan pelepasan cincin di jari, penanganan pohon tumbang, dan  berbagai operasi penyelamatan non darurat lainnya," tuturnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Dumai, Zulkarnain berharap keberadaan pemadam kebakaran dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tentunya masyarakat dapat merasa terlindungi melalui pelayanan yang professional dari para petugas pemadam kebakaran.

Ia juga menginginkan sinergi dan kolaborasi antara warga dengan petugas pemadam kebakaran dapat terus terjalin. Sehingga, dapat bersama-masa mencegah bahaya kebakaran maupun kejadian berbahaya lainnya.

“Selamat HUT Damkar ke-105, mohon doa dan dukungannya dari seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder agar kami dapat bekerja dan menjalankan tugas dengan maksimal dalam memberikan pelayanan,” pungkasnya.***

#Pemko Dumai

Index

Berita Lainnya

Index