• Follow Us On : 

LAMR Sebar 500 Undangan Penabalan Datuk Seri Timbalan Setia Amanah


Redaksi | Senin,14 Mei 2018 - 18:35:11 WIB
Dibaca: 581 kali 
LAMR Sebar 500 Undangan Penabalan Datuk Seri Timbalan Setia Amanah

PEKANBARU - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), menabalkan gelar adat masyarakat Melayu Riau Datuk Seri Timbalan Setia Amanah kepada Wakil Gubernur Riau yang kini juga Plt Gubernur Riau Wan Tamrin Hasyim, Senin malam (14/5/2018).

Sekitar 500 undangan telah disebarkan bagi meraikan majelis penabalan adat tersebut. Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (Ketum MKA) LAMR, Datuk Seri H Al Azhar, mengatakan kepada media,  dengan demikian, Wakil Gubernur yang juga Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim adalah orang pertama yang menyandang gelar tersebut.

Ini sejalan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) LAMR yang diterapkan mulai periode 2017-2022. Menurutnya, gelar Datuk Seri Setia Amanah maupun Datuk Seri Timbalan Setia Amanah, merupakan sesuatu yang melekat dengan LAMR.

Sebab dalam AD/ ART, jelas dinyatakan siapa yang berhak menyandang dua gelar tersebut, sekaligus disebut sebagai payung panji LAMR antara lain berfungsi sebagai pembina utama organisasi kemasyarakatan ini.

Meskipun demikian, prosedur penabalan adat tetap dilaksanakan sebagaimana mustinya. Bahkan dalam ketentuan pemberian dan penabalan gelar adat LAMR kepada gubernur maupun wakil gubernur, ada waktu sekitar enam bulan untuk melihat kiprah pejabat berkaitan. Dari kenyataan ini dimusyawarahkan oleh LAMR.

Dalam contoh penabalan gelar adat kepada Wan Thamrin Hasyim misalnya. Yang bersangkutan dilantik pada bulan Mei 2017, diusulkan ke LAMR untuk penabalan gelar tersebut pada awal Maret 2018 atau lebih dari enam bulan setelah ia dilantik sebagai wakil gubernur. Baru tanggal 28 Maret 2018, LAMR memutuskan penabalan terhadapnya dalam suatu musyawarah tersendiri.

Al azhar juga menjelaskan, penabalan dilakukan di bawah tenda di halaman LAMR mengingat kesehatan pada lutut Wan Tjhamrin Hasyim yang tak memungkinkan ia naik tangga. Kepadanya sudah ditawarkan berbagai alternatif misalnya ditabalkan di gedung lain, tetapi dia tetap berkeinginan ditabalkan di kawasan balai adat.

“Hal tersebut sebenarnya sesuai betul dengan hati datuk-datuk di LAMR yang mengharapkan hal serupa walaupun kepadanya ditawarkan alternatif lain,” kata Al azhar.

[Media Center Riau]


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Rabu,18 April 2018 - 01:07:00 WIB

LAMR Bakal Gelar Tabligh Akbar Bersama UAS

PEKANBARU - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) akan menggelar tabligh akbar bersama Datuk Seri Ulama Se

Selasa,01 Mei 2018 - 14:38:38 WIB

LAMR Diharapkan Jadi Pemersatu Suku dan Etnis

BENGKALIS – Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) diharapkan  tidak hanya memayungi suku Melayu

BERITA LAINNYA
Kamis,20 September 2018 - 06:09:24 WIB

Blockchain Practitioner China Conference and Awards 2018 Has Successfully Concluded

CHINA - Media OutReach - 19 September 2018 - The Blockchain Practitioner China Conference

Kamis,20 September 2018 - 06:04:28 WIB

''Hong Kong Licensing Awards 2018'' Opens for Entries Recognizes Achievements of Licensing Professionals Enhances Development of Local Creative Industries

CHINA - Media OutReach - 19 September 2018 - To recognise the remarkable achieve

Kamis,20 September 2018 - 05:59:31 WIB

Jelajahi Keajaiban Hong Kong dari sky100 dengan Pembukaan Express Rail Link atau Kereta Cepat Guangzhou-Shenzhen-Hong Kong

TIONGKOK - Media OutReach - 19 Sep 2018 - Express Rail Link (XRL) atau kereta cepat Guangz

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI