Dumai Selatan Raih Juara Umum MTQ ke-XI

Dumai Selatan Raih Juara Umum MTQ ke-XI

DUMAI - Perhelatan  Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Dumai ke XI tahun 2014 yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 20 hingga 24 Oktober 2014, telah tuntas dilaksanakan, Secara resmi perhelatan akbar itu ditutup oleh Asisten I pemerintahan Kota Dumai H. Dermawan S.Sos di Masjid Taqwa Dumai Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (24/10) malam kemarin.

Hadir pada kesempatan itu, Mantan Walikota Dumai H. Zulkifli AS, Mantan Anggota DPRD Riau, Ilyas Labay, ketua harian LAMR Dumai Darwis Ismail, anggota DPRD Dumai Syahrial Mini, perwakilan Kapolres Dumai, Dandim 0303 Bengkalis, Kejari Dumai, Kemenag Kota Dumai, Kadisnakkanla Kota Dumai H, Syafrizal, Camat/Sekcam dan Lurah se-Kota Dumai serta undangan lainnya.

Pada helat MTQ tingkat Kota Dumai ke XI tahun 2014 ini, Kecamatan Dumai Selatan keluar sebagai juara I dan sekaligus juara umum, Sementara Kecamatan Dumai Barat yang merupakan peraih juara umum pada MTQ tingkat Kota Dumai ke X tahun 2013 lalu dan tahun - tahun sebelumnya, berada di peringkat ke II. Selanjutnya, peringkat ke III diraih oleh tuan rumah kecamatan Dumai Kota.

Asisten I Pemerintahan Kota Dumai H. Dermawan menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya perhelatan akbar MTQ tingkat Kota Dumai ke XI tahun 2014 yang telah berlangsung dengan sukses dan lancar sejak dibuka tanggal 20 Oktober 2014 lalu, Dalam helat akbar ini, kita semua telah pula menyimak bersama begitu semangatnya peserta lomba disemua cabang MTQ serta Qori-Qoriah telah pula menunjukan kepiawaiannya dalam melantunkan kalam Illahi sehingga mampu menggugah hati sanubari setiap yang mendengarnya.

“Semua itu adalah sebuah prestasi yang sangat luar biasa yang dimiliki oleh para Qori dan qoriah Kota Dumai. Hal ini patut menjadi kebanggaan kita bersama. Dan kepada khafilah Qori dan Qoriah yang keluar sebagai juara umum, saya ucapkan atas prestasi yang telah diraihnya,”ujarnya.

Dermawan mengharapkan agar prestasi yang telah diraih sebagai modal dan pemacu semangat untuk terus berlatih demi mempersiapkan diri pada helat akbar MTQ tingkat Provinsi Riau mendatang yang akan diselenggarakan di Tembilahan Kabupaten Indra Giri Hilir (Inhil). Sehingga nantinya khafilah Kota Dumai dapat mengharumkan nama Kota Dumai di tingkat yang lebih tinggi baik ditingkat provinsi maupun tingkat Nasional.

“Satu hal yang harus kita ingat bersama, bahwa MTQ bukanlah ajang lomba semata tetapi lebih dari itu. Helat ini merupakan syiar Islam di Kota Dumai sekarang dan kedepan, juga sebagai upaya pengkajian dan pemahaman serta pengamalan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan di Dunia dan Akhirat, sekaligus sebagai momen silaturrahmi sesama ummat Islam di Kota Dumai,”terangnya.

Pada kesempatan itu, Dermawan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak LPTQ kota Dumai selaku penyelenggara MTQ tingkat Kota Dumai ke XI tahun 2014, dan juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Camat, Lurah dan ketua RT serta segenap masyarakat se- kecamatan Kota Dumai yang telah berperan aktif dalam menyukseskan penyelenggaraan MTQ ini. “Mudah-mudahan kegiatan rutin tahunan yang kita laksanakan ini dapat ditingkatkan lagi pelaksanaannya pada tahun-tahun kedepannya,”harapnya lagi.

Terakhir, ia juga menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada dewan juri yang telah bertugas memberi penilaian pada helat akbar MTQ ini dengan baik. “Semoga hasil yang diberikan dewan Juri itu, sangat memuaskan bagi Qori dan Qoriah peserta MTQ tingkat Kota Dumai tahun ini, dan diharapkan juga dapat menjadi nilai tambah untuk terus meningkatkan serta memperbaiki bacaan Al quran,”tandas Dermawan.

Sebelumnya, ketua pelaksana Drs. H. Mukmin menyampaikan, bahwa pada kegiatan MTQ ke XI tingkat Kota Dumai ini diikuti sebanyak 133 orang peserta dari perwakilan Tujuh Kecamatan yang ada di kota Dumai. Masing-masing kecamatan mengirim utusan, diantaranya Kecamatan Dumai Barat mengirim sebanyak 18 orang, Dumai Timu 23 orang, Dumai Selatan 20 orang, Bukit Kapur 12 orang, Medang Kampai 19 orang, Dumai Selatan 19 orang, dan kecamatan Dumai Kota 20 orang, serta LPTQ kota Dumai 2 orang peserta.

“MTQ ini dilaksanakan selama 5 (Lima) hari, mulai dari tanggal 20 hingga berakhir 24 Oktober 2014. Adapun cabang-cabang yang diperlombakan, yakni Tilawah, Tahfiz Quran, Syarhil Quran, Khattil Quran, serta Musabqah Makalah Quran,"jelasnya.

Dikatakanya, kegiatan MTQ ke XI tahun 2014 ini dibiayai oleh anggaran yang bersumber dari rencana kegiatan LPTQ kota Dumai yang dihibahkan oleh Pemko Dumai dalam anggaran APBD tahun 2014.

"Tujuan dilaksanakan MTQ tingkat kota Dumai ini untuk melahirkan Insan Qurani yang berkualitas dan mampu mengamalkan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari, dan Mewujudkan kecintaan dan kedekatan terhadap Quran dalam bentuk sikap dan prilaku gemar mengaji di tengah-tengah umat Islam, serta Mempersiapkan Khfilah kota Dumai yang berkualitas dalam menghadapi MTQ tingkat Provinsi Riau tahun 2014 di Tembilahan Kabupaten Indra Giri Hilir (Inhil) bulan November mendatang,"pungkasnya.(wrc)

#Musabaqah Tilawatil Quran

Index

Berita Lainnya

Index