DLH Usulkan Kelompok Mangrove Pangkalan Batang Bengkalis Dapat Penghargaan Pemprov

DLH Usulkan Kelompok Mangrove Pangkalan Batang Bengkalis Dapat Penghargaan Pemprov
DLH kunjungi lokasi pelestarian mangrove di Pangkalan Batang Bengkalis

BENGKALIS - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis mengunjungi lokasi pelestarian mangrove kelompok Putri Hijau di Desa Pangkalan Batang Kecamatan Bengkalis, Minggu (12/3/2017) kemarin.

Kunjungan itu dalam rangka pendataan lokasi pelestarian untuk diusulkan menerima penghargaan Setia Lestari Bumi dari Pemerintah Provinsi Riau. Kelompok mangrove Putri Hijau Pangkalan Batang masuk salah satu yang diusulkan.

Rafiani, Phd Kabid Penatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan yang memimpin kunjungan menyebutkan berdasarkan surat dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau akan ada pemberian penghargaan Setia Lestari Bumi yang akan diberikan kepada pecinta alam. Penghargaan terdiri Dari empat kriterianya meliputi perintis lingkungan, pelestarian lingkungan, penyelamat lingkungan dan pengabdi lingkungan.

"Jadi kedatangan kami ini untuk mencari kelompok-kelompok yang bisa diusulkan untuk penghargaan tersebut. Di kelompok Putri Hijau ini bisa kita kategorikan sebagai kelompok penyelamat lingkungan,"ungkapnya.

Untuk mendapatkan penghargaan itu, sebutnya, kelompok yang diusulkan harus melengkapi administrasi yang sudah ditentukan, setidaknya paling lambat minggu depan semua administrask sudah diselasaikan dan DLH segera mengusulkan.

"Selesai diajukan pihak Provinsi akan melakukan kunjungan ke lokasi pelestarian yang kita usulkan, itusekitar bulan april mendatang. Layak tidaknya nanti yang diusulkan mendapat penghargaan tergantung hasil kunjungan dan penilaian pihak Provinsi,"imbuh Rafiani.

Dijelaskannya, Pemkab Bengkalis melalui DLH mengusulkan dua kategori penghargaan lingkungan. Jika tidak ada aral melintang DLH akan mengusulkan kategori pelestarian lingkungan yaitu kelompok Putri Hijau Pangkalan Batang dan Kelompok Perepat Pambang serta kategori pengabdi lingkungan kepada seorang PNS bernama Sofyan yang sekarang bertugas di Dinas Kelautan dan Perikanan Bengkalis.

Ikut dalam kunjungan, Penjabat Kades Pangkalan Batang Muhammad Nasir, unsur BPD, tokoh masyarakat dan pengurus kelompok.*** (bengkalisone)

#Pemkab Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index