Bupati Bengkalis Buka Pelatihan Penyelenggaran Jenazah

Bupati Bengkalis Buka Pelatihan Penyelenggaran Jenazah

BENGKALIS (MR) - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Heri Indra Putra, membuka Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah, Kabupaten Bengkalis Tahun 2017, di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Jum'at (17/3/2017).

"Dalam Islam hukum mengurus jenazah adalah fardhu kifayah, itu artinya diantara umat Islam diwajibkan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan bagaimana caranya memandikan, mengkafani, mensholatkan, dan menguburkan jenazah yang sesuai dengan ketentuan syariat islam, maka dari itu, kegiatan ini wajib dilaksanakan," sambutan Bupati Bengkalis.

Untuk diketahui bersama, Kabupaten Bengkalis hingga saat ini, masih tetap istiqamah, dalam menjalankan kegiatan ini. Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan ini, untuk menambah dan mengembangkan wawasan tentang penyelenggaraan jenazah yang harus dimunculkan di tengah-tengah masyarakat secara berkesinambungan.

Menggelar pelatihan jenazah sangat penting dilaksanakan, mengingat di era globalisasi seperti sekarang ini, generasi muda hanya mementingkan kehidupan dan kepuasan batin mereka sendiri, sehingga mereka tidak mau tau masalah seperti kegiatan tersebut, salah satunya penyelenggara jenazah ini.

"Masalah tata cara penyelenggraan jenazah, memang cukup sulit ditemui di tengah-tengah masyarakat, terutama bagi generasi muda. Saat ini hanya beberapa kalangan generasi muda saja yang peduli terhadap bidang keumatan, terutama penyelenggaraan jenazah," katanya.

"Akibatnya untuk melaksanakan fardu kifayah, biasanya didominiasi oleh para orang tua. Padahal, penyelenggaraan jenazah tidak akan pernah berhenti selama umat islam masih ada," lanjutnya.

Terlihat hadir dalam kegiatan tersebut, Pelaksana Tugas Asisten Tata Praja, Umi Kalsum, Ketua Majelis Ulama Indonesia, Amrizal, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Suwarto, serta beberapa pejabat di Lingkungan Kabupaten Bengkalis. Peserta pelatihan sebanyak 40 orang dari delapan kecamatan.*** (bengkalisone)

#Pemkab Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index