• Follow Us On : 

Biaya Internet OPD Dumai Dikurangi


Redaksi | Jumat,29 September 2017 - 12:44:06 WIB
Dibaca: 970 kali 
Biaya Internet OPD Dumai Dikurangi

DUMAI - Pemerintah Kota Dumai mulai menerapkan penghematan anggaran belanja penyediaan koneksi internet di semua perkantoran organisasi perangkat daerah dengan dikelola terpadu oleh bagian komunikasi informatika.

Kepala Bagian Komunikasi Informatika Pemkot Dumai Eko Wardoyo, mengatakan pengelolaan penyediaan jaringan internet sudah dimulai pada delapan organisasi perangkat daerah (OPD) dengan kapasitas kecepatan data 250 Mbps, dan tahun ini dianggarkan Rp167 juta per bulan.

"Tahap awal kita mulai di delapan kantor pemerintahan selama enam bulan hingga akhir tahun ini, tujuannya untuk penghematan anggaran penyediaan koneksi internet dan dikelola secara terpadu," kata Eko, Kamis (28/9/2017).

Delapan kantor pemerintahan yang sudah dikelola Bagian Kominfo meliputi Sekretariat Wali Kota, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga, Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Perindustrian Koperasi UKM, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Pengelolaan jaringan internet kebutuhan instansi pemerintahan ini, Kominfo menggandeng PT Jala Lintas Media, dan sebelumnya sudah meminta pendampingan hukum dengan Kejaksaan Negeri Dumai dan konsultasi ke lembaga kebijakan pengadaan pemerintah (LKPP) serta Badan pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Riau.

"Kerja sama dengan swasta ini melalui sistem katalog elektronik dan kami juga sudah meminta pendapat hukum dari kejaksaan dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan," katanya lagi.

Program penyediaan koneksi internet ini, lanjutnya, juga merupakan upaya pengendalian anggaran kebutuhan akses internet di semua kantor pemerintahan, agar tidak boros karena sejauh ini menjadi kewenangan masing masing OPD.

Setelah tahap awal tahun ini, Kominfo Dumai berencana mengembangkan pengelolaan penyediaan jaringan internet ke delapan OPD lainnya agar bisa menghemat lebih banyak anggaran daerah untuk dimanfaatkan ke program kemasyarakatan.

Diharapkan, katanya lagi, program ini dapat dimanfaatkan OPD untuk menunjang kinerja menyukseskan pembangunan pemerintah, mengurangi beban belanja internet perkantoran dan secara bertahap sebagai kesiapan Dumai menuju Smart City. [Antara]


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Rabu,08 Juli 2020 - 04:15:39 WIB

Tsimshatsui Overtakes Causeway Bay as the Most Expensive Retail District for First Time

Greater Central office availability reaches a 15-year high Grade A office rental declined for the

Rabu,08 Juli 2020 - 04:12:42 WIB

Vodacom Tanzania: Send Money to Tanzania from Anywhere Around the World

Over 200 countries can send and receive money via Vodacom's Tanzania M-Pesa. The mobile Money

Rabu,08 Juli 2020 - 04:04:55 WIB

Accuity Helps Leading Banks in Pakistan Stay Ahead of Global Regulatory Requirements

Financial crime compliance solutions ensure that local banks can fight AML/CFT threats in real-time

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI