• Follow Us On : 

Tempat Usaha Koperasi Liar di Ujung Batu Disegel TP4K


Redaksi | Kamis,26 Juli 2018 - 15:59:48 WIB
Dibaca: 1756 kali 
Tempat Usaha Koperasi Liar di Ujung Batu Disegel TP4K

ROKAN HULU - Dua unit rumah toko (Ruko) dan 1 rumah bulatan yang dijadikan tempat usaha Koperasi liar di Kecamatan Ujung Batu, yakni, KSP Kasih Sejahtera, KSP Tama Mandiri (Desa Ujung Batu Timur) dan Kazero (Kelurahan Ujung Batu) terpaksa disegel, Rabu (25/7/2018).

Penyegelan dengan cara digembok dilakukan Tim Penegak Perda Pengawasan Perizinan Koperasi (TP4K) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), karena ketiga koperasi tidak memiliki kelengkapan izin operasi, dan tindakan tegas itu berlaku selama 14 hari, sampai pihak koperasi mau mengurus izin ke Pemerintah Rohul melalui intansi terkait.

Disampaikan Kepala Satpol PP Rohul, Andi Yanto SH MH melalui Kabid Operasi, Arwin Lubis SSos menjawab wartawan, Rabu (25/7/2018) menerangkan, tindakan penyegelan itu dilakukan karena ketiga koperasi melanggar Peraturan Daerah (Perda) Rohul nomor 1 tahun 2017 bab 6 pasal 15 ayat 1 tentang izin operasional koperasi.

"Kami menemukan tiga koperasi ini sama sekali belum memiliki izin operasional di Rohul, oleh sebab itu kita segel sampai 14 hari kedepan, sampai mereka betul-betul melengkapi izin dari dinas terkait," tegas Arwin Lubis yang juga sebagai Penyidik Perda Rohul itu. 

Tim penegak Perda pengawasan perizinan koperasi, sebut Arwin selain Satpol PP juga terdiri dari intitusi pemerintah dan kepolisian diantaranya, Dinas Koperasi dan UKM, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Koptransnaker), Bapenda, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Intelkam Polres Rohul.

"Tugas kita memberi pemahaman, pengawasan koperasi, agar mengurus dan melengkapi perizinan mereka. Dan Alhamdulillah, pihak koperasi yang sudah kita datangi mau terbuka dan bekerjasama dengan pemerintah untuk mengurus izin itu sendiri," jelas Arwin.

Lebih jauh Arwin mengutarakan, langkah selanjutnya tim akan menyisir seluruh koperasi liar yang tersebar di 16 kecamatan, bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan dan desa. "Jadi kita tidak pandang bulu terkait perizinan ini, bagi koperasi tanpa izin akan ditindak tegas," bebernya.

Dari catatan Dinas Koperasi UKM, Tranmigrasi dan Tenaga Kerja Rohul diketahui baru 16 koperasi simpan-pinjam yang terdaftar, dan hanya 1 sudah memiliki rekomendasi dari dinas terkait yaitu, CU Mandiri Tambusai Utara, itu belum termasuk koperasi yang tidak terdaftar dan belum memiliki izin. Dalam artian, selama puluhan tahun koperasi menjalankan bisnis liarnya tanpa ada kontribusi kepada pemerintah daerah.

Itu diakui Kepala Dinas Koptransnaker, Heri Islami, ST MT melalui Kabid Koperasi dan UKM Rokhadi SP mengaku, siap untuk membina koperasi, dengan catatan harus melengkapi izin sebagai syarat wajib berdirinya koperasi tersebut.

Berikut dokumen yang harus dilengkapi untuk syarat perizinan yang harus dilengkapi koperasi. Pertama, surat permohonan pembukaan kantor cabang dari koperasi bersangkutan, akta pendirian koperasi oleh notaris, surat keputusan pengesahan akta pendirian koperasi, akta perubahan Anggaran Dasar (AD) koperasi oleh notaris, surat keputusan pengesahan perubahan AD koperasi. 

"Ada 22 item dokumen yang harus dilengkapi, baru dinas koperasi mengeluarkan rekomendasi. Rekomendasi itu juga sebagai dasar mengurus TDP di dinas perizinan," jelas Rokhadi.

Ditanya soal suku bunga yang dilakukan koperasi yang dinilai mencekik leher masyarakat, jawab Rokhadi sejauh ini pihaknya belum mengetahui  aturan persentase bunga dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun, dia berjanji akan berkoordinasi dengan Kementrian Koperasi, agar aturan itu bisa diberlakukan juga di setiap koperasi di Rohul.

Dari lokasi penindakan koperasi di Ujung Batu, tampak hadir juga Kasi Perizinan dan non Perizinan Dinas Penanaman Modal Pelayanan terpadu satu pintu, Kholid Daulay SSos, Kaur Mintu Intelkam Polres Rohul, IPDA Sudarto, Kabid Pendataan Bapenda Sugesti SE, Kasi Trantib Umum Kecamatan Ujung Batu, Romi Gustia serta puluhan personil keposian dan Satpol PP. (mcr/mcr)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Jumat,05 Mei 2017 - 16:12:23 WIB
Jelang Ramadan,

Satpol PP Rohil Bakal Mulai Razia Tempat Hiburan Berbau Maksiat

BAGANSIAPIAPI - Menjelang datangnya bulan suci Ramadan 1438 Hijriyah, Dinas Satuan Polisi Pamong Pra

Rabu,11 April 2018 - 21:19:36 WIB

TMMD Kodim 0314/Inhil, Pembuatan MCK dan Tempat Wudhu di Masjid Baiturrahman Terus Digesa

KERITANG - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 101,Komando Distrik Militer (Kodim) 0

Kamis,26 Januari 2017 - 15:29:32 WIB

Penerangan Jalan Umum Mati, Jembatan Maredan Diduga Tempat Lokasi Mesum

SIAKSRIINDRAPURA (WAHANARIAU) - Kondisi Jembatan Maredan seharga Rp178 miliar di Kecamatan Tualang,

Minggu,14 Mei 2017 - 17:09:05 WIB

Tim Gabungan Gelar Razia Tempat Hiburan Malam

DUMAI - Satpol PP, TNI dan Polri Kota Dumai menggelar razia di tempat hiburan malam Minggu (14/5/201

Senin,20 Juni 2016 - 20:03:08 WIB

Tempat Peribadatan, Masyarakat Datangi Pemda

TEMBILAHAN - Terkait aktivitas tempat peribadatan di Parit 8 Jalan Harapan, Tembilahan, Kabupaten In

Kamis,26 Januari 2017 - 19:46:45 WIB

Begini Kondisi Panti Asuhan Tempat Bayi 18 Bulan Tewas Mengenaskan

PEKANBARU (WAHANARIAU) - Tim dari Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Riau, Kamis (26/1/2017) siang t

BERITA LAINNYA
Kamis,21 Mei 2020 - 14:53:24 WIB

Gaw Capital Partners Raises GBP 28.5 Million in Mezzanine Financing from Samsung Securities and KB Asset Management to Refinance London Offices

UK - Media OutReach - 21 May 2020 - Real estate private equity firm Gaw Capital

Kamis,21 Mei 2020 - 13:58:55 WIB

Amazon Singapore Launches First Online Baby Fair and #TheAmazingBabies Contest

• Enjoy discounts on parenting essentials, baby products, toys and more on Amazon.sg • Joi

Kamis,21 Mei 2020 - 13:43:21 WIB

Tanoto Foundation Donates PPEs to Further Combat Covid-19 in Singapore

SINGAPORE - Media OutReach - 21 May 2020 - Tanoto Foundation, under the auspices of A

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI