Ingat, Buanglah Sampah pada Tempatnya

Ingat, Buanglah Sampah pada Tempatnya
Bupati Bengkalis Amril Mukminin, saat meninjau Jalan Inpres di sekitar SMP 16, Kelurahan Air Jamban, Maudau, Senin (27/3/2017).

DURI – Penanganan masalah sampah di lingkungan, tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, namun butuh kesadaran masyarakat. Untuk itu Bupati Bengkalis Amril Mukminin minta kepada warga meningkatkan kesadaran dalam membuang sampah pada tempatnya.

Demikian dikatakan Amril Mukminin, saat meninjau Jalan Inpres di sekitar SMP 16, Kelurahan Air Jamban, Senin (27/3/2017). Peninjauan tersebut menyusul keluhan dan laporan masyarakat terkait masalah sampah di sepanjang Jalan Inpres yang dibuang sembarang.

Persoalan sampah yang berserakan di sepanjang Jalan Inpres, Kelurahan Air Jamban, berlangsung cukup lama. Namun sampai detik ini, persoalan sampah di kawasan itu belum juga tuntas. Hal ini terlihat semakin menumpuknya sampah di pinggiran sepanjang jalan yang berada tidak jauh dari lembaga pendidikan. Tentu kondisi ini sangat menganggu kenyamanan proses belajar mengajar dan juga warga yang melintas.

“Masalah penanganan sampah harus dilakukan secara menyuruh dan bersinergi dengan elemen masyarakat. Karena penanganan sampah tidak hanya berada di pundak pemerintah, tapi butuh kesadaran warga,” ungkapnya.

Selain meminta kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempatnya, Bupati Amril Mukminin berupaya untuk segera mencarikan solusi terbaik. Salah satunya membuatkan tempat penampungan sementara (TPS) di tempat yang tidak berada di sekitar sekolah.

Tidak hanya itu, Bupati Bengkalis juga mengintruksikan kepada Dinas Lingkungan Hidup Bengkalis untuk membuat bank sampah, sehingga sampah yang dibuang warga bisa memberikan nilai tambah/ekonomis bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Manfaatnya, selain lingkungan bersih, warga bisa menyetorkan sampah ke bank sampah.

Tidak hanya masalah sampah di lokasi tersebut, juga terdapat persoalan turunnya box culvert yang mengakibatnya korban masyarakat yang jatuh. Terkait dengan hal itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin menegaskan persoalan itu segara dilakukan penanganan. “Perbaikan box culvert di dekat sekolah akan segera dilakukan dengan memanfaatkan alokasi pemeliharaan jembatan Dinas PUPR,” tandas mantan Kepala Desa Muara Basung.*** (humas)

#Pemkab Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index