• Follow Us On : 

Gakkumdu Dumai Beri Informasi Berbeda Terkait Dugaan Money Politic Ketua NasDem Riau


Redaksi | Selasa,27 November 2018 - 14:55:25 WIB
Dibaca: 207 kali 
Gakkumdu Dumai Beri Informasi Berbeda Terkait Dugaan Money Politic Ketua NasDem Riau Ilustrasi

DUMAI - Dugaan politik uang (Money Politic) Caleg di DPR RI, Farida Sa'ad, Ketua DPW Partai NasDem Riau yang juga sebagai Caleg Petahana DPRD Riau, Iskandar Hossein, serta Caleg Petahana DPRD Kota Dumai, Yusman, di Kecamatan Sungai Sembilan sebagai pelanggaran Pemilu.

Ketua Bawaslu Kota Dumai, Zulfan ketika dikonfirmasi menyatakan, kasus bermula dari penyerahan kubah masjid saat kampanye di Kelurahan Batu Teritip, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai pada 25 Oktober 2018 lalu.

"Kalau menurut kami ini sudah melanggar pasal 523 dan 521 junto 280 ayat 1 huruf j Nomor 7 tahun 2017 dan harus ditindaklanjuti," kata Zulfan ketika dikonfirmasi riauterkini.com melalui telpon selulernya, Selasa (27/11/18).

Dalam perjalanan proses penanganan dugaan money politic ini, kata Zulfan, karena Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) terdiri dari tiga instansi, Bawaslu, Kejaksaan, dan Kepolisian, maka keputusan ada di tangan ketiga instansi ini.

"Kami (Bawaslu Dumai) setuju untuk menindaklanjuti, namun dua instansi lainnya yakni Kepolisian dan Kejaksaan Dumai menolak untuk menindaklanjutinya. Untuk alasan instansi lainnya, mungkin bisa ditanyakan langsung," katanya.

Terpisah, Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan ketika dikonfirmasi riauterkini.com membatah tidak menindaklanjuti dugaan pelanggaran pemilu terhadap tiga orang caleg dari Partai NasDem tersebut.

"Kami tidak menghentikan kasus itu. Cuman kami minta kepada Bawaslu Dumai untuk melengkapi berupa barang bukti, saksi atau video tidak bisa. Apalagi dalam kasus ini memiliki waktu prosesnya 14 hari," kata Restika kepada media ini.

Menurutnya jika barang bukti dugaan pelanggaran pemilu ini bisa dipenuhi atau diwujudkan sebagaimana dalam ekspos dari tiga lembaga yang tergabung di Gakkumdu Dumai oleh Bawaslu Dumai, kata dia, maka kasus ini akan lanjut keranah selanjutnya.

"Kasus ini bukan seperti menangani maling atau kasus lainnya. Kasus pelanggaran pemilu ini dikejar oleh waktu agar tidak kadaluarsa dan kita minta waktu itu kepada Bawaslu Dumai untuk menunjukkan alat bukti, tapi alat buktinya gak ada," tutur Restika.

Sebagai data tambahan, salah seorang Caleg DPR RI diduga melakukan pelanggaran kampanye berupa pemberian materi lainnya yang memiliki nilai dalam bentuk kubah masjid di Kelurahan Batu Teritip, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.

Salah seorang Komisioner Bawaslu Dumai Agustri membeberkan kronologi kasus dugaan pelanggaran yang termasuk kategori money politic ini. Bermula dari kampanye salah seorang caleg pada 25 Oktober lalu.

Adapun informasi yang dirangkum, terduga kasus money politic ini berjumlah tiga orang. Yakni ketua DPW Nasdem Iskandar Hossein yang merupakan Caleg di DPR RI, Farida Sa'ad yang merupakan Caleg Incumbent DPRD Riau, dan Yusman satu orang Caleg DPRD Kota Dumai.

Sumber : Riau Terkini


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Rabu,07 November 2018 - 21:50:47 WIB

Kasus Dugaan Money Politic Caleg, Sentra Gakkumdu Bawaslu Riau Turun ke Rohil

BAGANSIAPIAPI - Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan didampingi tim penyidik Kejati dan Polda Riau yang

BERITA LAINNYA
Kamis,13 Desember 2018 - 16:00:05 WIB

Protecting Our Sight: ACUVUE® Eye Health Centre to raise eye care standards in Malaysia

Johnson & Johnson Vision recognises 24 optical centres leading the way for higher eye health sta

Kamis,13 Desember 2018 - 15:52:10 WIB

Avnet to Acquire Softweb Solutions: Adds Software and Artificial Intelligence to Ecosystem and Bolsters IoT Capabilities

Positions Avnet as the premier provider for AI, IoT and digital data platform solutions PHOENIX -&n

Kamis,13 Desember 2018 - 15:44:46 WIB

Asia’s Leading Women’s Fashion Brand - Love, Bonito – Expands Relationship with Adyen to Meet the Needs of Millennial Shoppers in Singapore

This collaboration delivers frictionless payment transactions to meet the needs of Spendsetters at t

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI