Ini Penjelasan Google Terkait Protes Jalan Dewi Persik

Ini Penjelasan Google Terkait Protes Jalan Dewi Persik

JAKARTA (Wahanariau) - Google memberikan penjelasan kenapa Jalan Dewi Sartika di Bekasi bisa berubah menjadi Jalan Dewi Persik di layanan peta digital Google Maps.

Seperti dilansir detikInet, Senin (7/8/2017), perwakilan dari Google Indonesia mengakui ada kesalahan nama tempat yang muncul di Google Maps yang tidak seharusnya terjadi.

Google pun telah menyampaikan permohonan maaf atas kejadian yang sempat bikin heboh netizen dan membuat Pemerintah Kota Bekasi protes. Namun, timbul pertanyaan, bagaimana ceritanya tiba-tiba nama jalan tersebut bisa berubah?

Dalam penjelasannya, Google mengakui sangat mengandalkan penggunanya untuk berkontribusi dalam berbagai informasi yang ada di Maps. Cara ini membuat Maps bisa mempunyai informasi yang sangat lengkap karena siapa pun bisa berkontribusi.

Namun di sisi lain, tentu akan ada pengguna yang iseng melakukan perubahan nama Jalan Dewi Sartika menjadi Dewi Persik. Meski sebenarnya setiap perubahan pun harus melalui verifikasi pengguna lain untuk bisa disetujui.

"Data basemap kami, seperti nama tempat, nama jalan, dan lainnya, adalah kombinasi dari penyedia pihak ketiga, sumber data publik, dan kontribusi pengguna. Secara keseluruhan ini memberikan kami data yang komprehensif dan up-to-date, namun kami menyadari adanya kemungkinan untuk munculnya inakurasi dari sumber-sumber ini," kata Google.

"Kami memperbarui data kami secara reguler, namun waktu yang dibutuhkan bervariasi. Inilah mengapa kami mempunyai tool yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mempercepat proses," paparnya lebih lanjut.

Google pun mendorong para pengguna layanannya untuk melaporkan sesuatu yang tidak akurat lewat tombol send feedback atau kirim masukan yang ada di pojok kiri bawah di aplikasi Google Maps, atau di pojok kanan bawah jika menggunakan Google Maps di desktop. Kemudian klik 'Report a data problem'. (rdk/dtk)

#Google

Index

Berita Lainnya

Index