Selama Ramadan, Rumah Makan dan Restoran di Rohul Dilarang Buka

Selama Ramadan, Rumah Makan dan Restoran di Rohul Dilarang Buka
Ilustrasi

ROKAN HULU - Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman secara tegas meminta kepada seluruh pengelola warung makan, restoran dan kedai kopi agar tidak membuka usahanya selama bulan Ramadan, khususnya di siang hari. Ini guna, terciptanya kenyamanan kepada umat muslim yang tengah melakukan ibadah puasa. 

Disampaikan Bupati Sukiman, kesadaran dan rasa saling menghormati harus diutamakan agar tercipta situasi yang aman dan kondusif di tengah masyarakat. "Tolong hargai umat muslim yang berpuasa," pesan Bupati Sukiman.

Kemudian, guna memberi rasa aman dan nyaman terhadap umat muslim beribadah, Bupati juga sudah mengintruksikan Satpol PP dan Damkar Rohul, agar melaksanakan tugasnya dengan baik dengan melakukan pengawasan dan merazia warung yang beroperasi.

‘’Kita berharap, seluruh pemilik rumah makan, kedai minuman dan restoran tidak membuka usahanya pada siang hari selama bulan Ramadhan. Itu guna menghormati saudara kita yang sedang berpuasa,’’ pinta Bupati Rohul, H Sukiman melalui wartawan, Selasa (22/5/2018).

Menurut Bupati Sukiman, selama bulan suci Ramadan agar pemilik cafe termasuk warung remang-remang dan lokalisasi yang beroperasi di wilayah Rohul untuk menutup usahanya, baik siang maupun malam hari. Karena dengan beroperasi tempat tersebut akan dapat mengganggu pelaksanaan ibadah bagi umat muslim.

Bukan saja di bulan Ramadan, kata Sukiman, namun untuk seterusnya kegiatan yang berbau maksiat harus ditutup. Selain upaya yang dilakukan pemerintah daerah, Bupati meminta intansi terkait terutama pihak kepolisian, TNI, lembaga adat dan tokoh masyarakat agar dapa mengontrol masyarakat untuk tidak melakukan perjudian prostitusi dan lain-lain, baik dalam maupun diluar bulan Ramadhan.

Selain itu, bagi masyarakat non muslim, Bupati berharap selama bulan Suci Ramadan agar dapat menghormati umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya.

Dengan menjauhi sikap dan perbuatan yang dapat menyinggung perasaan umat muslom yang tengah melaksanakan ibadah puasa, Bupati berharap itu akan menjaga kerukunan umat antar beragama secara keseluruhan dalam rangka memelihara kesatuan dan persatuan bangsa.

’’Mari kita perbanyak membaca Al Quran di bulan Suci Ramadhan, karena pahalanya jauh lebih besar dari pada bulan-bulan lainnya,’’ ujarnya.

[mcr/mcr]

#Ramadhan

Index

Berita Lainnya

Index