Pemkab Kuansing Bakal Serahkan Bantuan 119 Ribu Batang Bibit Sawit Kepada Petani

Pemkab Kuansing Bakal Serahkan Bantuan 119 Ribu Batang Bibit Sawit Kepada Petani

TELUK KUANTAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi (Kuansing) memberikan bantuan bibit sawit sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Kuansing. Hal ini merupakan terobosan dari Wakil Bupati Kuansing Halim.

Kepala Dinas Pertanian Ir Emmerson mengatakan, sebagai program unggulan pemerintahan Mursini - Halim, pada tahun ini Pemda akan menyalurkan bantuan bibit sawit kepada masyarakat sebanyak 119.364 batang.

"Sebanyak 119.364 batang bibit sawit akan disalurkan kepada 1.218 orang petani yang tersebar di 54 Desa pada 14 kecamatan. Jadi, masing-masing petani akan menerima sebanyak 98 batang bibit sawit," ujar Emmerson, Rabu (19/06/2019).

Emmerson mengungkapkan, selain memberikan bibit sawit, pada tahun ini Pemkab Kuansing juga akan memberikan bantuan berupa atas seng kepada masyarakat yang diperuntukkan sebagai pagar bibit sawit yang sudah ditanam agar terhindar dari berbagai serangan hama. 

Menurut Emmerson, Wakil Bupati Kuansing menginginkan bibit sawit yang diberikan kepada masyarakat tersebut merupakan bibit yang bagus dan berkualitas tinggi, karena ini adalah program unggulan pemerintah saat ini.

"Untuk pemeliharaannya di arahkan melalui swadaya petani itu sendiri. Oleh karena itu peliharalah sesuai dengan pedoman atau petunjuk dalam pemeliharaan kelapa sawit itu sendiri, sehingga hasilnya juga baik," ungkapnya.

Mengenai Besaran anggaran yang digelontorkan pemda Kuansing tahun ini Untuk pengadaan bibit Sawit tersebut sebesar Rp.5,9 miliar. Sementara untuk pengadaan atap seng yang akan diperuntukkan sebagai pagar, yaitu sebesar Rp.1,3 miliar.

[Zulhendri]

#Pemkab Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index