• Follow Us On : 

Dispersip Dumai Buka Pocadi di Perpustakaan Tugu Reformasi


Redaksi | Selasa,19 Oktober 2021 - 14:44:22 WIB
Dibaca: 2297 kali 
Dispersip Dumai Buka Pocadi di Perpustakaan Tugu Reformasi

DUMAI - Dalam rangka meningkatkan literasi dan kegemaran membaca masyarakat di Kota Dumai, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) membuka layanan ekstensi perpustakaan umum yang ditempatkan di luar layanan utama perpustakaan umum. Layanan Ekstensi Perpustakaan Umum yang dimaksud berlokasi di Perpustakaan Tugu Reformasi yang bertempat di Taman Bukit Gelanggang Kota Dumai.

Semenjak dibukanya perpustakaan di dalam Tugu Reformasi pada tahun 2016 telah cukup banyak didatangi pengunjung yang menikmati bacaan gratis yang ada di sana. Adapun layanan ekstensi perpustakaan umum ini dibuat untuk memudahkan masyarakat mengakses perpustakaan dan koleksinya agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat lebih banyak lagi.

Pelaksana Tugas Kepala Dispersip Dumai, Maini Asna, S.K.M., M.Si. mengatakan, untuk meningkatkan layanan pada Perpustakaan Tugu Reformasi maka Dispersip Dumai telah mengajukan bantuan Pojok Baca Digital atau Pocadi kepada Perpustakaan Nasional RI dan telah disetujui. Program bantuan Pocadi merupakan salah satu kegiatan prioritas nasional di bidang perpustakaan.

Pocadi adalah sebuah konsep tempat membaca yang menyediakan koleksi buku cetak, buku digital (e-Book) dan bahan bacaan lainnya. Adapun bentuk program pengembangan Pojok Baca Digital ini yaitu dengan menyediakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi serta koleksi yang ditempatkan di pusat keramaian atau titik kumpul masyarakat di daerah. Hal ini dalam upaya meningkatkan indeks literasi masyarakat guna mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing.

"Kini Pocadi sudah ada di Kota Dumai tepatnya di Perpustakaan Tugu Reformasi dan siap dimanfaatkan oleh masyarakat Dumai. Lokasi Perpustakaan Tugu Reformasi itu sendiri adalah berada di pusat kota, tepatnya di area Taman Bukit Gelanggang, Jalan HR Sobrantas, dimana masyarakat sering melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga, jalan-jalan, atau sekedar menikmati suasana dengan bersantai," ungkap Kadispersip Dumai, Maini Asna beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Jasa Kepustakaan Dispersip Dumai, Fitri Aulia, S.I.P., M.Si. mengatakan, hadirnya Pocadi di Perpustakaan Tugu Reformasi diharapkan dapat menjadi layanan ekstensi dari perpustakaan umum yang dapat diakses oleh masyarakat di titik-titik keramaian.

Selain itu fungsi lainnya juga menjadi tempat berkumpul, berdiskusi, pelatihan, story telling dan pemanfaatan lainnya. Diharapkan dengan adanya Pocadi ini masyarakat dapat memiliki tempat mudah untuk mengakses perpustakaan di keramaian dan sebagai ruang terbuka untuk masyarakat dalam belajar dan mengisi waktunya.

"Semoga Pocadi ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Kota Dumai sehingga dapat menularkan virus membaca melalui gerakan literasi digital dan menjadi bagian dalam mewujudkan masyarakat Kota Dumai yang berliterasi dan gemar membaca," tutupnya.

Ditempat terpisah, Pustakawan Penyelia Dispersip Dumai, Tri Martini menambahkan, Pojok baca ini merupakan sebuah konsep tempat membaca yang memberikan layanan perpustakaan dengan menyediakan layanan buku tercetak, layanan buku digital (e-book) dari iPusnas dan iDumai. iPusnas dan iDumai merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca eBook.

Selain itu, lanjut Tri, Pocadi juga menyediakan banyak fasilitas lainnya diantaranya satu TV LED 43", tiga unit komputer dan empat unit tablet yang bisa digunakan untuk mengakses iPusnas, iDumai, dan kebutuhan kerja pengunjung. Kemudian, juga terdapat buku-buku cetak yang dapat dibaca di area Pocadi, Charging Corner, tempat duduk nyaman, serta ruangan nyaman dan adem.

"Selain fasilitas tersebut di pojok baca juga terdapat pustakawan yang siap melayani pengunjung mengenai literasi, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan layanan pojok baca digital," tutup Tri Martini.


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Senin,12 Maret 2018
Dukungan Besar Pemerintah Pusat Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

Dispersip Dumai Terima Satu Unit MPK Berbasis Multimedia dari Perpusnas RI

DUMAI - Setelah melalui perjalanan panjang selama enam bulan, akhirnya Pemerintah Kota (Pemko) Dumai

Senin,16 Juli 2018

Dispersip Dumai Miliki 48 Ribu Lebih Koleksi Buku

DUMAI - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai, Provinsi Riau, terus berupaya menin

Jumat,13 Maret 2020

Dispersip Dumai Kampanyekan Program Read Me a Book

DUMAI - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai turut mengkampanyekan program Read Me a Book. Se

Jumat,27 April 2018
Dumai Expo 2018

Ada Foto Tempo Dulu dan Buku Cerita Dumai di Stand Dispersip

DUMAI - Bagi anda yang belum mengenal Kota Dumai secara detail. Mungkin bisa memanfaatkan sedikit wa

Senin,26 Maret 2018
Peresmian Perpustakaan Digital Wakil Presiden

Dibuka Wapres Jusuf Kalla, Dispersip Dumai Hadiri Rakornas Bidang Perpustakaan di Gedung Perpusnas

JAKARTA - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai Suryanto S.P, didampingi Se

Minggu,04 Maret 2018

Melalui Surat Edaran, OPD Diimbau Serahkan Arsip ke Dispersip Dumai

DUMAI — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai telah mengeluarkan surat imbauan pengumpul

BERITA LAINNYA
Selasa,07 Februari 2023

Dihadiri Ratusan Wartawan, Bupati Rohil Buka Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Simatrik

BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP secara langsung membuka sosialisasi p

Senin,06 Februari 2023

Bybit to Help Judge F1 Champions Oracle Red Bull Racing Design Competition: Make Your Mark

DUBAI - 6 February 2023 - Bybit CEO Ben Zhou will join a panel of judges for Oracle Red Bull Racing&

Senin,06 Februari 2023

Avery Dennison Partners with Enterprise Singapore for AD Stretch Startup Accelerator Program

The local startup ecosystem will benefit from both corporate and government funding for innovators w

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI