Dapat Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling, Ini Harapan Walikota Dumai

Dapat Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling, Ini Harapan Walikota Dumai

DUMAI - Pemerintah Kota Dumai dapat bantuan mobil perpustakaan keliling dari Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional RI, Kamis (19/4/2018). Bantuan ini untuk meningkatkan minat baca masyarakat Dumai. 

Mobil perpustakaan keliling yang diserahkan oleh kepala pusat pengembangan pustakawan Nasional Opung Sumiati diterima langsung walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dumai, Suriyanto, SP di kantor eks walikota Jalan HR Sorbrantas Dumai.

Walikota Dumai menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan bantuan mobil perpustakaan keliling. 

"Mobil ini akan kita memanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan minta baca masyarakat Dumai." Kata Walikota

Menurut wako, program perpustakaan keliling di Kota Dumai selama ini telah berjalan dengan baik. Dimana tiap-tiap kelurahan secara bergantian mendapat giliran sebagai tujuan perpustakaan keliling. Termasuk ke sekolah - sekolah SD dan SMP. 

"Masyarakat sangat antusias memanfaatkan perpustakaan keliling. Saya berharap semakin tingginya minat baca masyarakat dapat meningkatkan SDM masyarakat Dumai menuju Smart City."  Harap wako

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dumai, Suriyanto, SP mengatakan, bantuan ini usulan dari Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai yang telah diusulkan pada 2017 lalu. 

"Alhamdulillah usulan kita diterima dan mendapat bantuan mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional tujuannya untuk meningkatkan minat baca  masyarakat serta mewujudkan Dumai sebagai Smart City." Kata Suriyanto

Lanjutnya, ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Pusat terhadap Pemko Dumai yang terus berkomitmen meningkatkan SDM melalui membaca. 

"Selain mobil perpustakaan, Perpustakaan Nasional juga membantu 800 eksemplar buku dengan 400 judul. Proyektor, LCD TV,  Laptop dan alat pemancar WiFi, total bantuan mencapai Rp 500 juta." Tambah Suriyanto

Hingga saat ini total mobil perpustakaan keliling yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dumai sebanyak 4 unit, mobil tersebut sudah melayani 15 Kelurahan termasuk pelajar SD dan SMP.

Terakhir, Kepala pusat pengembangan pustakawan Nasional Opung Sumiati mengatakan, mobil perpustakaan keliling bantuan Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional RI yang dibeli menggunakan anggaran APBN 2017.

Ia berharap, bantuan mobil perpustakaan keliling dan isinya dirawat dengan baik serta dimanfaatkan sesuai peruntukannya yakni untuk menjangkau masyarakat yang tinggal jauh dari kota. 

"Harapan kami mobil ini dijaga dengan baik dan dimanfaatkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Dumai." Tukasnya*

(Adv/Adv)

#Dispersip Dumai

Index

Berita Lainnya

Index